Kemenpora Harap Cabor Panahan Kembali Berprestasi di Ajang Olimpiade

JAKARTA, Indotimes.co.id – Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta ikut menghadiri pelantikan pengurus PB Persatuan Panahan Indonesia (PB Perpani) periode 2022-2026, dengan Ketua Umum Arsjad Rasjid, di Lapangan Panahan GBK, Senayan, Jakarta, Rabu (8/2). Kemenpora berharap panahan terus bisa meningkatkan prestasinya di ajang kejuaraan internasional khususnya Olimpiade.

Raden Isnanta menyampaikan, panahan adalah salah satu cabang olahraga yang masuk dalam prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diharapkan bisa terus meningkatkan prestasinya di pentas dunia. Salah satunya adalah Olimpiade.

“Panahan sendiri memiliki tradisi medali di ajang Olimpiade, apalagi dalam pengurusan kali ini ada srikandi panahan Indonesia yakni Lilies Handayani sebagai Kabid Pembibitan dan Pemasalan, dan Nurfitriyani yang masuk dalam kepengurusan. Saya berharap panahan bisa kembali berprstasi dia ajang Olimpiade,” kata Isnanta.

Baca Juga:  Menpora Berharap Sulsel Tetap Jadi Lumbung Atlet Nasional

Sementara Ketua Umum PB Perpani periode 2022-2026, Arsjad Rasjid mengatakan bahwa mereka memiliki visi dan misi untuk membawa PB Perpani lebih maju dan memulihkan kejayaan panahan di kancah dunia. Ini menunjukkan komitmen dan harapan mereka untuk memajukan cabang olahraga ini.

Arsjad Rasjid yang juga sebagai Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN), juga menambahkan bahwa dia ingin memajukan cabang olahraga panahan Indonesia menjadi lebih inklusif dan kolaboratif. Ini akan membantu dalam peningkatan talenta dan tujuan untuk terus berprestasi dari waktu ke waktu.

Inklusivitas dan kolaborasi akan membantu membentuk iklim yang kondusif bagi para atlet dan pelatih untuk berkembang dan berprestasi. Ini akan membantu meningkatkan citra dan reputasi cabang olahraga ini di tingkat nasional dan internasional.

Dengan pelantikan resmi Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum PB Perpani, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan cabang olahraga panahan di Indonesia. Ini akan membantu memajukan cabang olahraga ini dan memulihkan kejayaannya di kancah dunia.

Baca Juga:  Eddy Wijaya Waketum II PBSI Jaktim Harap Kejuaraan Kota PBSI Jakarta Timur 2024, Cetak Atlet Muda Berprestasi

Optimisme Arsjad tidak tanpa dasar, dia berharap karena prestasi panahan Indonesia yang cukup menjanjikan seperti prestasi Tiga Srikandi Nurfitriyana, Kusuma Wardhani, dan Kusuma Lilies Handayani pada Olimpiade Seoul 1988.

Prestasi panahan Indonesia juga menunjukkan kemajuan melalui medali perak dan perunggu pada ASIAN Games 2018, dua emas, dua perak, dan empat perunggu pada SEA Games 2019 dan SEA Games 2021 sebagai juara umum.

“Namun, pada jenjang Olimpiade, panahan Indonesia belum meneruskan prestasi yang sama seperti Tiga Srikandi. Kami menargetkan untuk kembali membawa Merah Putih dan memenangkan prestasi yang melampaui pencapaian Tiga Srikandi pada ASIAN Games 2023 dan Olimpiade Paris 2024,” ujar Arsjad Rasjid.

Sedangkan susunan pengurus PB Perpani periode 2022-2026 meliputi Antonius Riva Setiawan sebagai Sekretaris Jenderal; Fajar Putra sebagai Kabid Binpres I; Denny sebagai Kabid Pelatih; Lilies Handayani sebagai Kabid Pembibitan dan Pemasalan; Ilham Maulana sebagai Kabid Perwasitan; dan Catur Pasha sebagai Kabid Perlombaan.

Baca Juga:  Sportama ATF Championship 2023: Misi Balas Dendam di Semifinal