IM Yoseph Theolifus Taher Juara Catur Cepat JAPFA Ramadhan Cup 2023

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pecatur Pelatnas, IM Yoseph Theolifus Taher, tampil sebagai juara Turnamen Catur Cepat JAPFA Ramadhan Cup 2023. Dari sembian babak yang dipertandingkan, pecatur asal Kalimantan Tengan ini berhasil mengantongi 8 victory poin(vp).

Pada hari terakhir lomba yang berlangsung di Wisma Kemenpora Jakarta, Minggu (9/4) persaingan ketat terjadi antara IM Yoseph Theolifus dengan pecatur Jawa Barat, FM Arief Abdul Hafiz. Keduanya sama-sama mengantongi nilai 8vp. Nanun, Yoseph dinyatakan sebagai juara karena unggul dengan nilai Solkov.

“Di babak terakhir saya memang habis-habisan untuk meraih kemenangan karwna nilai saya sama dengan Hafiz yang meraih kemenangan di babak terakhir juga. Tapi beruntung, akhirnya saya unggul dengan Solkov,” ujar Yoseph Theolifus seusai pertandingan.

Sementara pecatur asal Jawa Tengah Godwin Liem Bms berada di peringkat ketiga dengan mengantongi nilai 7.5 vp dari sembilan babak yang dipertandingkan.

Baca Juga:  PSSI Komitmen Berantas Suap di Sepak bola

Turnamen Catur JAPFA Ramadhan Cup 2023 yang diikuti hampir 421 peserta dengan total hadiah Rp.65 juta ini ditutup secara resmi Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Dr. Surono, mewakili Mempora Dito Ariotedjo, yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya, Dr Surono mengatakan, pihaknya konsisten mendukung upaya peningkatan prestasi para pecatur oleh PB Percasi. Pihaknya juga mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan PT JAPFA
Comfeed yang terus mendukung olahraga catur di Indonesia.

“Setiap menghadapi event internasional kami selalu memberikan kontribusi walaupun semampu kami. Baik itu untuk SEA Games maupun Asian Games yang mempertandingkan catur, mulai dari Pelatnasnya hingga keberangkatannya,” ujar Surono.

Mengenai Turnamen Catur Cepat JAPFA Ramadhan Cup 2023, Surono menilai sebagai kontribusi yang sangat luar-biasa dalam melahirkan pecatur-pecatur andal di tingkat kelompok usia. Hal ini sebagian dari regenerasi atlet catur nasional.

Baca Juga:  PB PRSI Bidik 6 Medali Emas SEA Games Filipina 2019

Sementara itu Ketua Umum PB Percasi, Utut Adianto, mengatakan catur merupakan satu-satunya cabang olahraga yang bisa dipertandingkan meski di bulan Ramadhan.

“Kami tetap konsisten untuk lebih banyak menggelar turnamen agar lebih banyak lagi melahirkan bibit bibit pecatur tangguh di tanah air,”kata Utut Adianto.

Utut kembali mengucapkan terima kasih atas komitmen dan dukungan dari PT JAPFA Comfeed yang telah 10 tahun lebih mendukung turnamen ini, dan turnamen lainnya yang digelar PB Percasi.

Karenanya kepada Deputi IV Kemenpora Dr Surono, Utut meminta adanya perhatian berupa penghargaan dari pemerintah dalam hal ini Kemenpora terhadap pihak –pihak yang memiliki komitmen tinggi membantu kegatan olahraga di Indonesia.

Untuk itu Utut akan segera bersurat ke Kemenpora terkait hal ini, sehingga ada perhatian dari pemerintah kepada pihak yang memang serius memiliki komitmen untuk kemajuan olahraga di tanah air.

Baca Juga:  Temui Presiden, Menpora Laporkan Pelaksanaan HSP, KLB PSSI, Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Hingga Papua Jadi Provinsi Olahraga

Menanggapi pernyataan Ketua umum PB Percasi, Deputi IV Kemenpora, Dr Surono menyatakan pihak segera merespon permintaan tersebut. Pihaknya akan menunggu surat permohonan yang akan dikirimkan oleh PB Percasi.