Indotimes.co.id – Model pembelajaran yang cocok untuk implementasi kurikulum merdeka. Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual atau bingkai yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.
Konsep Pembelajaran dan Syarat Model Pembelajaran
- Model pembelajaran merupakan kerangka konseptual atau bingkai yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar.
- Syarat model pembelajaran terpenuhi ada lima, yaitu sintaks atau frase, sosial sistem, principles of reaction, support system, dan instruksional Nature and iPad.
Empat Model Pembelajaran Rekomendasi Implementasi Kurikulum Merdeka
- Empat model pembelajaran rekomendasi implementasi kurikulum merdeka adalah Problem-Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL), Discovery Learning (DL), dan Inquiry Learning (IL).
- Keempat model tersebut dapat menumbuhkan keterampilan 4C yaitu kolaboratif, kreatif, berpikir kritis atau critical thinking dan juga communication atau membangun komunikasi multi arah yang baik di dalam proses pembelajaran.
Problem-Based Learning (PBL)
- PBL adalah model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik untuk belajar melalui berbagai permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari.
- 04:51Â Langkah-langkah PBL adalah mengidentifikasi masalah, menyusun rancangan penyelesaian masalah, peserta didik mengumpulkan informasi, menyelesaikan masalah bersama-sama, dan mengolah informasi untuk mendapatkan kesimpulan.
Project Based Learning (PJBL)
- PJBL adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui proyek atau tugas yang berkaitan dengan dunia nyata.
- Langkah-langkah PJBL adalah merencanakan proyek, membuat produk atau karya, dan merefleksikan hasil karya.
Discovery Learning (DL)
- DL adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui eksplorasi dan pengamatan terhadap lingkungan sekitar.
- Langkah-langkah DL adalah observasi, identifikasi masalah atau pertanyaan, merumuskan hipotesis atau dugaan jawaban atas pertanyaan tersebut, melakukan eksperimen atau pengamatan lebih lanjut untuk membuktikan hipotesis tersebut.
Inquiry Learning (IL)
- Inquiry Learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar melalui proses penyelidikan ilmiah terhadap suatu fenomena alam atau sosial.
- Langkah-langkah Inquiry Learning adalah merumuskan pertanyaan penelitian, merencanakan penelitian, melakukan penelitian, menganalisis data, dan menyajikan hasil penelitian.
Problem-Based Learning
Pembelajaran berbasis masalah adalah metode pembelajaran yang memfokuskan pada pemecahan masalah. Guru membimbing siswa dalam mengidentifikasi, menyelesaikan, dan menganalisis masalah.
Langkah-langkah PBL
- Identifikasi masalah
- Siswa menyampaikan pertanyaan atau menanyakan terkait dengan masalah yang dikaji.
- Bimbingan penyelidikan mandiri dan kelompok
- Siswa mengumpulkan informasi dan melakukan percobaan untuk memperoleh data dalam rangka menjawab atau menyelesaikan masalah yang dikaji.
- Analisis dan evaluasi
- Setelah mendapat jawaban terhadap masalah, siswa menganalisis dan mengevaluasi hasilnya.
Problem Project Based Learning
Pembelajaran proyek berbasis masalah adalah metode pembelajaran yang memfokuskan pada pemecahan masalah kompleks melalui proyek kolaboratif.
Langkah-langkah PPBL
- Penyiapan pertanyaan atau penugasan proyek
- Guru menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek sesuai dengan materi yang akan dipelajari.
- Desain perencanaan proyek
- Siswa mulai mendesain perencanaan proyek sebagai langkah nyata menjawab pertanyaan yang ada.
- Penjadwalan pelaksanaan proyek
- Siswa menyusun jadwal pelaksanaan proyek agar sesuai dengan waktu yang tersedia.
- Monitoring kegiatan dan perkembangan proyek
- Guru memonitor kegiatan dan perkembangan proyek siswa.
- Pengujian hasil dan evaluasi
- Siswa menguji hasil fakta dan data percobaan atau penelitian dihubungkan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber. Selain itu, siswa mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau bisa juga dikaitkan dengan mata pelajaran lain.
Discovery Learning
Pembelajaran discovery learning bertujuan mengarahkan peserta didik untuk memahami konsep arti dan medan hubungan melalui proses.
Langkah-langkah Discovery Learning
- Identifikasi apa yang ingin diketahui
- Peserta didik mencari informasi sendiri terkait dengan apa yang ingin diketahuinya.
- Mencari informasi sendiri
- Peserta didik mencari informasi sendiri terkait dengan apa yang ingin diketahuinya.
- Mengorganisir informasi
- Peserta didik mengorganisir informasi yang telah ditemukan.
- Menarik kesimpulan
Peserta didik menarik kesimpulan setelah memahami konsep arti dan medan hubungan melalui proses.