Setelah Puasa Gelar 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepakbola SEA Games

JAKARTA, Indotimes.co.id – akhirnya berhasil meraih medali cabang sepak bola SEA Games ke-32 2023 Kamboja, setelah final menundukan seteru abadi Thailand dengan skor 5-2 (2-2) lewat pertandingan dramatis yang berlangsung di National Olympic Stadium, Phnom Penh , Kamboja, Selasa (16/5) malam.

Sukses Timnas U-22 Indonesia tampil sebagai juara di pesta akbar olahraga , sekaligus menutup 32 tahun tahun puasa gelar, setelah terakhir menjadi juara saat SEA Games Manila tahun 1991.

Tim ‘ Muda’ yang berambisi mempersebahkan medali emas, tampil menyerang sejak menit awal. Menghadapi Thailand yang kualitas rata-rata pemainnya terbaik di Asia Tenggara, tak membuat gentar Rizky Ridho dan kawan-kawan untuk mengalahkan mereka di laga ini.

Hal itu dibuktikan, pasukan Indra Syafri ini unggul terlebih dahulu 2-0 di babak pertama, melalui dua gol yang diborong striker asal Klub PSM Makassar, Ramadhan Sananta pada menit ke-21 dan menit ke-45+4.

Baca Juga:  Menpora Nilai Sepak Bola di Jawa Timur Punya Potensi yang Luar Biasa

Memasuki babak kedua, Indonesia kecolongan melalui sundulan Anan Yodsangwal pada menit ke-65. Pada detik-detik akhir pertandingan, Thailand mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah Yotsakon Burapha mencetak gol pada menit ke-90+7. Skor imbang 2-2, membuat pertandingan harus dilanjutan dengan perpanjangan waktu 2×15 menit.

Kebobolan di detik-detik akhir jelang pesta kemenangan, tidak membuat mental para pemain Indonesia hancur, justru sebaliknya mereka makin bersemangat untuk menumbangkan Thailang yang menjadi musuh abadi di level Asia Tenggara selama ini.

Hal itu dibuktikan, saat laga tambahan waktu, baru berjalan satu menit (91) timnas U-22 Indonesia kembali unggul 3-2 melalui tendangan chip Irfan Jauhari, yang memperdaya penjaga gawang Thailand.

Kebobolan untuk ketiga kalinya di laga final, membuat mental pemain Thailand melorot, banyak pelanggaran keras yang mereka lakukan, hingga wasit mengeluarkan kartu merah untuk tiga pemain negara Gajah Putih, yaitu Jonathan Khemdee, Soponwit Rakyart (kiper) dan Teerasak Poeiphimai pada waktu tambahan ini.

Baca Juga:  PB Ferkushi Pimpinan Krisna Bayu Sah Secara Hukum

Menghadapi 8 pemain Thailand, Indonesia yang tampil hanya dengan 10 pemain, setelah Komang Teguh juga dikartu merahkan wasit asal Oman, Qasim Matar Ali Al Hatmi, saat 15 menit pertama perpanjangan waktu, semakin menguasai permainan. Hasilnya dua gol tambahan tercipta melalui Fajar Fathur Rahman di menit ke-106. Dan Beckham Putra pada menit ke-120, sekaligus merubah skor akhir menjadi 5-2.

Keberhasilan Timnas U-22 meraih medali emas SEA Games 2023 Kamboja, menjadikan untuk ketiga kalinya Indonesia meraih medali emas di ajang SEA Games, yaitu pada SEA Games, yaitu SEA Games 1987 di , dan SEA Games 1991 di Manila.

Emas SEA Games Jakarta 1987 di raih Indonesia setelah di laga final menundukan dengan skor tipis 1-0, lewat gol Ribut Waidi. Sementara Emas SEA Games Manila 1991 setelah di final mengalahkan Thailand dengan skor 4-3 melalui drama adu penalti.

Baca Juga:  Dapat Penghargaan, Airlangga Hartarto Miliki Figur Pendekar Kungfu Sejati