Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023: Petenis dari 32 Negara Siap Perebutkan Total Hadiah Rp 700 Juta

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh (PP Pelti) bekerja sama dengan PT Harum Energy Tbk menggelar turnamen tenis internasional Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023.

Turnamen yang masuk agenda resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) itu akan digelar dalam tiga seri selama tiga pekan di lapangan tenis The Sultan & Residence , 10 Juni hingga 2 Juli 2023 mendatang.

“Harum Energy ingin tumbuh berkembang bersama komunitas dan lingkungan sekitarnya. Kami aktif menjaring aspirasi dan partisipasi masyarakat serta membantu mendorong masyarakat tumbuh berkembang sesuai potensi kemampuan dan kearifan lokal serta memiliki saing, termasuk di bidang olahraga,” ucap Ray A. Gunara, Direktur Utama PT Harum Energy Tbk di Jakarta, Senin (12/6).

Menurutnya Harum Energy adalah tambang yang sangat aktif mendukung kegiatan olahraga, khususnya tenis di Tanah Air dalam dekade terakhir ini. Selain itu Harum Energy Men’s World Tennis Tour 2023 ini menjadi pintu masuk petenis yang tengah merintis karir di dunia profesional.

Baca Juga:  ‘Bacuya’  Maskot  Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

Sementara itu Ketua Umum PP Pelti, Prof. Edward Omar Sharif Hiariej, berterima kasih atas dukungan dari kalangan dunia usaha dalam hal ini PT Harum Energy Tbk yang mendukung pengembangan olahraga tenis di Tanah Air.

“Sebagai induk organisasi olahraga tenis di Indonesia, PP Pelti mengucapkan terima kasih atas dukungan dunia usaha, khususnya Harum Energy yang aktif mendukung pengembangan prestasi olahraga tenis Indonesia di kancah dunia. Kehadiran turnamen internasional seperti Harum Energy Men’s World Tennis Tour inilah yang menjadi kunci sukses tim Merah Putih menjadi juara umum cabang olahraga ini di SEA Games 2023,” ucap Ketua Umum PP Pelti itu.

Merujuk situs ITF hingga Jumat(9/6), Harum Energy Men’s World Tennis Tour bakal diramaikan petenis yang berasal dari 32 negara. Tak hanya dari kawasan Asia seperti Jepang, Korea Selatan, India serta Uzbekistan, para peserta juga datang dari Australia dan Selandia Baru. Dari Benua Eropa, hadir Inggris, Turki, Italia, Ceko, , Rusia dan Ukraina. Bahkan, datang pula petenis dari kawasan Amerika, yakni , , Chile dan Brasil.

Baca Juga:  4 Skateboarder Indonesia Melaju ke Final

“Harum Energy Men’s World Tennis Tour ini menyediakan 48 slot kualifikasi tunggal dan 32 tempat Babak Utama serta 16 pasangan ganda,” ucap Susan Soebakti selaku Direktur Turnamen pada ajang yang menyediakan total hadiah 45.000 dollar AS atau sekitar Rp 700 juta ini.

Menurut Susan, beberapa petenis dari manca negara yang ikut ambil bagian, diantaranya, adalah petenis Australia, Omar Jasika yang berperingkat 272 singles dunia akan menempati posisi teratas pekan pertama Harum Energy Men’s World Tennis Tour ini.

Sedangkan tuan rumah Indonesia mengandalkan Justin Barki yang baru mulai kembali berkompetisi setelah merampungkan kuliah di Amerika Serikat. Kendati berbekal wild card, petenis kidal ini mampu melangkah hingga semi final turnamen ITF M25 di Jakarta, pekan silam.

Selain Justin Barki, tim ‘Merah Putih’ juga diwakili oleh Giorgio Soemarno, Claudio Renardi Lumanau dan Renaldi Aqila Arifadli Salim.

Baca Juga:  Perebutan Sabuk Interim Kelas Featherweight,  Pertarungan  Seru di OnePride FN 50

Tuan rumah masih berpeluang menambah wakil di babak utama setelah tiga petenis yakni M. Gunawan Trismuwantara, Achad Imam Maruf dan Tegar Abdi Satrio Wibowo sukses melaju ke final kualifikasi, Selasa (13/6).

“Kami berharap petenis tuan rumah mampu memetik hasil maksimal di kandang sendiri. Harum Energy Men’s World Tennis Tour ini menjadi ajang uji coba yang baik bagi mereka dalam menghadapi Asian Games di Hangzhou, China, September mendatang,” tambah Prof. Edward Omar Sharif, yang juga Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI itu.