JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, menyampaikan selamat dan terima kasihnya kepada seluruh kontingen Indonesia yang telah berhasil hatrick juara dan membawa harum nama Indonesia dikancah ASEAN Para Games 2023 Kamboja beberapa waktu lalu.

“Saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih karena telah membawa harum nama Bangsa Indonesia,” kata Menpora pada acara ‘Temu Para Juara’ di Halaman Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (3/7) siang.

Sebelumnya, para atlet Asean Para Games ini telah lebih dulu bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk upacara pemberian bonus di Istana Merdeka Jakarta, pagi harinya .

“Tadi pagi juga sudah bertemu dengan Bapak Presiden Joko Widodo, semoga semangatnya semakin bertambah, kontribusinya semakin bertambah dan sponsornya juga semakin banyak,” harap Menpota di hadapan para atlet yang memenuhi halaman Kantor Kemenpora.

Baca Juga:  INASGOC Terapkan Penanganan Medis Berstandar Internasional

Menpora juga menekankan bahwa prestasi di ASEAN Para Games merupakan sasaran antara menuju prestasi lebih tinggi di Asian Para Games dan Paralimpiade. Karenanya Menpora berharap sukses para atlet Indonesia di ASEAN Para Games 2023 Kamboja lalu, bisa diteruskan hingga jenjang lebih tinggi lagi level Asian Para Games 2023 Hangzhou dan Paralimpiade 2024 Paris mendatang.

“Disini hadir banyak sekali atlet, pelatih dan asisten pelatih dan juga ofisial serta pendukung lainnya. ASEAN Para Games ini hanyalah sasaran antara menuju Asian Para Games hingga Paralimpiade,” jelasnya.

Menpora menambahkan, saat ini para atlet yang akan diberangkatkan ke Hangzhou masih dalam tahap review dan penggodokan serta finalisasi dari Tim Review yang merupakan gabungan dari Kemenpora, KONI, KOI dan para pakar. Rencananya Juli ini siap dan mereka akan kembali menjalani program Pelatnas.

Baca Juga:  Terpilih Sebagai Ketua IMI Jambi, Guntur Muchtar Diminta Segera Bentuk Kepengurusan

Penghargaan untuk Mendiang David Jacobs

Pada kegiatan itu Menpora juga memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mendiang atlet para tenis meja Dian David Mickael Jacobs atau yang dikenal dengan David Jacobs.

“Saya sebagai Menpora RI juga memberikan penghargaan kepada almarhum atlet para tenis meja, David Jacobs,” kata Menpora saat memberikan penghargaan tersebut kepada istri mendian David Jacobs, Jeanny Palar.

Penghargaan ini sebagai bentuk dedikasi atas prestasinya di dunia olahraga Indonesia. Penghargaan ini diberikan kepada sang istri Jeanny Palar senilai Rp 100 juta.”Ini sedikit dari Kemenpora agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan juga apabila anak-anak dari almarhum David Jacobs akan menempuh pendidikan kami dari Kemenpora siap untuk membantu,” tandas Menpora.

Seperti diketahui, atlet paratenis meja Indonesia, David Jacobs meninggal dunia pada Jumat, 28 April 2023 lalu. David Jacobs meninggal dunia di usia 45 tahun setelah ditemukan tidak sadarkan diri di jalur perlintasan rel kereta api jurusan Gambir-Juanda Jakarta.

Baca Juga:  Bonus Peraih Medali Asian Games Diberikan Seusai Asian Para Games

Turut hadir dalam acara ini, Ketua NPC Indonesia Senny Marbun, CdM Kontingen Indonesia Andi Herman, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Surono, Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional Alia Noorayu Laksono, Staf Khusus Percepatan Inovasi Pemuda dan Olahraga Hasintya Saraswati, Staf Khusus Hukum dan Kepatuhan Tata Kelola Alvin Saptamandra.

Seperti diketahui, kontingen Indonesia pada Asean Para Games Kamboja yang dilaksanakan pada 3-9 Juni 2023 lalu, berhasil meraih 158 medali emas, 148 perak dan 95 perunggu. Capaian ini menjadikan Indonesia hatrick untuk juara umum (tahun 2017,2022,2023).