JAKARTA, Indotimes.co.id – Diaspora di berbagai negara kini semakin mengenal berbagai produk dan Indonesia khususnya dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau yang konsisten menjalankan misinya sebagai Bank Global asal Indonesia.

Dengan kapabilitas kantor jaringan di 7 negara, BNI kini mampu memfasilitasi berbagai kebutuhan transaksi, tabungan, hingga pembiayaan bagi para diaspora di 26 negara.

Hal ini terlihat dari beberapa contoh sukses diaspora yang berhasil mengembangkan usaha mereka berkat BNI, salah satunya Sarinah, pemilik Surya Trading yang berhasil menjual produk makanan dan minuman Indonesia di Hong Kong.

“Tentunya, hal ini tidak lepas dari dorongan BUMN khususnya Bapak Menteri . Kami telah proaktif menciptakan berbagai produk dan layanan termasuk program guna terus meningkatkan dukungan terhadap pengembangan usaha diaspora Indonesia di luar negeri,” ungkap Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo.

Baca Juga:  Peran Koperasi Bagi Pembiayaan KUMKM Diperkuat

Okki menjelaskan, diaspora memiliki channel dan komunitas yang baik. Hal ini tentu akan sangat penting sebagai perantara dalam hal penyaluran produk UMKM asal Indonesia.

BNI sendiri memiliki kantor cabang luar negeri (KCLN) yang saat ini telah tersebar di berbagai kota besar mulai dari London, New York, hingga Hong Kong yang menjadi basis bagi UMKM dan diaspora.

KCLN BNI berperan dalam menciptakan akses untuk eksportir Indonesia ke pembelian luar negeri, menawarkan solusi keuangan ke diaspora untuk scale up, dan berkolaborasi dengan asosiasi untuk mempromosikan produk Indonesia.

“KCLN BNI juga memberikan edukasi mengenai luar negeri, potensi , dan tentunya prosedur ekspor di masing-masing wilayah,” pungkas Okki.