Cerita Kepedulian Andika Perkasa Dibalik Dibuatnya Ransum TNI, Makanan Prajurit di Medan Tempur

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ransum tentara adalah kemasan yang disiapkan untuk prajurit militer di area pertempuran. Simak ulasan selengkapnya dilansir dari kanal pribadi Andika. Dalam unggahan yang dibagikan, Andika menceritakan awal mula dibuatnya Ransum sebagai makanan prajurit di medan tempur.

Andika menyebut, jika tercetusnya ide berawal dari prajurit yang hanya membawa bekal ketika bertugas di hutan .

Dulu, prajurit disebut memilih membawa cokelat untuk memudahkan mereka saat bergerak. Dengan begitu, para prajurit tidak harus membawa banyak perbekalan.

“Pasukan kita Kopassus tugas di Papua itu membawa cokelat. Karena di sana kan medannya ekstrim, sehingga kalau mereka harus bergerak beberapa hari bekal itu kan membebani banget,”

kata Andika Perkasa dikutip dari Youtube Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa. Pada saat itu, Andika mengaku dirinya masih menjabat sebagai Pangkostrad. Mendengar kabar prajurit TNI hanya mengonsumsi cokelat hal itupun membuat Andika mengaku .

Baca Juga:  Gubernur, Wagub, ASN Hingga non-ASN Pemprov Banten, Kompak Donasi Palestina

Akhirnya, pada saat ia menjabat sebagai kasad, Andika pun mencetuskan untuk memproduksi bekal prajurit yang lebih bergizi ringan untuk dibawa.
“Makanya waktu saya jadi kepala staf angkatan darat (Kasad), saya buat bekal makanan itu untuk operasi” Kata Andika

“Saya mendesain sedemikian rupa agar bekal makanan tadi tadi tidak membuat kita sakit. Pertama, kilo protein harus tercukupi (untuk prajurit) tetapi gimana caranya agar tidak terlalu berat. Yang kita perbanyak adalah porsi protein”

Sebagai informasi, Ransum tentara adalah makanan kaleng atau kemasan yang didesain agar mudah untuk disiapkan dan dimakan di area pertempuran.

Ransum termasuk pernak-pernik militer selain dari bayonet, atribut, atau replika senjata. Angkatan bersenjata di seluruh dunia hampir memiliki Ransum mereka sendiri.