Kompetisi IBL Tokopedia 2024 Bergulir Mulai 13 Januari

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ajang kompetisi basket tertinggi di Tanah Air Indonesian Basketball League () musim 2024, resmi bergulir pada 13 Januari mendatang. Untuk tahun ini Kompetisi IBL sudah menerapkan pertandingan dengan sistem Home and Away atau kandang tandang yang tersebar di 10 kota di tanah air.

Direktur IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, Kompetisi IBL dipastikan bergulir mulai 13 Januari 2024, dan ikuti 14 tim terbaik yang ada saat ini.

“Alhamdulillah musim 2023 berjalan sukses. Ada sejumlah rekor baru ini memberi semangat kami menyambut musim 2024.” kata Junas dalam acara Media Day IBL 2024, di KYZN Kuningan , Selasa (12/12).

Junas mengatakan IBL musin ini tentunya lebih menarik dari sebelum, terumatan dengan diterapkannya sistem home and away. “IBL musim 2024 ada harapan baru, akan pakai format home and away dan mulai 13 Januari 2024. Diharapkan pertandingan lebih menarik, meningkatkan value klub dan basket Indonesia,” ujar Junas.

Baca Juga:  Djamhuron Pimpin KONI DKI Jakarta

Bukan itu saja, lanjut Junas berdasarkan roster pemain terakhir diserahkan pada 10 Januari 2024. IBL kali ini diramaikan 39 pemain asing, 8 mantan pemain NBA, dan sejumlah mantan pemain G League, Euroleague, dan lainnya. Mereka diharapkan menularkan kemampuannya kepada pemain Indonesia.

Delapan mantan pemain NBA tersebut akan memperkuat lima klub IBL. Terbanyak adalah Pelita Jaya Bakrie Jakarta yang diperkuat tiga mantan pemain NBA diikuti RANS Simba dua pemain, Dewa United, Satria Muda, dan Rajawali Medan masing-masing satu pemain.

Tiga mantan pemain NBA di Pelita Jaya adalah Malachi Lewis Richardson, Thomas Earl Robinson dan Kevin Ornel. RANS Simba diperkuat Jerome Jordan dan LeBryan Nash. Dewa United satu pemain, yakni Jordan Adam, Satria Muda, Mychael Gerome Henry, dan Rajawali Medan ada nama Jabari Bird.

Kompetisi IBL Tokopedia 2024 Bergulir Mulai 13 Januari

Pada bagian lain Junas menjelaskan, pada saat tanggal 13 Januari 2024 mendatang ada empat pertandinagn yang digelar, salah satunya adalah pertandingan antara Prawira Harum Bandung melawan Pelita Jaya Bakrie Jakarta, akan menjadi lada pembuka, yang akan digelar di GOR Citra Arena Bandung, Sabtu, 13 Januari 2024 malam, pukul 20.00 WIB.

Baca Juga:  Menpora Bangga Capaian Mario Aji di Ajang Grand Prix Moto3

Sebelumnya ada tiga laga yang digelar pada tanggal tersebut, dimuai di pada pukuil 14.00 WITA, kemudian dilanjutkan laga di pada pukul 16.00 WIB. Kemudian berlanjut pukul 18.00 WIB, yaitu digelar di Jakarta. Dan ditutup lalag terakhir di Kota Bandung, pada malam hari, yang juga menjadi laga resmi pembuka IBL 2024.

Perbasi Siapkan Komdis

Sementara itu, Ketua Umum Pusat Persatuan Bolabasket Seluruh Indonesia ( PP Perbasi) Danny Kosasih mengatakan pihaknya akan membuat Komite Disiplin (Komdis) dalam pelaksanaan IBL 2024 mendatang.

Menurut Danny, Komdis ini dibuat, karena selama pelaksanaan IBL belum ada tempat untuk mengadukan masalah atau memberikan efek jera.

“Perbasi segera bentuk komdis khusus untuk di Liga (IBL), Kejurnas, karena mereka ada masalah tak bisa lapor ke mana-mana,” kata Danny yang juga hadir dalam Media Day IBL.

Baca Juga:  Menpora Berikan Apresiasi Atlet Muda Berprestasi Dunia

Danny mengaku cukup geram atas banyaknya aduan masalah yang terjadi pada IBL maupun Kerjunas ke Perbasi.

Karenanya ia meminta kepada para pemain maupun pelatih dari 14 tim IBL untuk menunjukkan sifat yang sportif dalam pelaksanaan IBL 2024 ini.

“Tolong tunjukkan sikap baik di lapangan, supaya anak anak bisa melihat hal bagus. Jadi Perbasi bikin Komdis, lawyer, supaya ada masalah bisa disampaikan,” tegas Danny.

Selain itu, Danny juga meminta agar klub IBL mengurus prosedur perizinan pemain dengan benar. Ia mengimbaun jangan sampai ada pemain diambil tanpa sepengetahuan klub, pemkot, pemprov. “Surat belom ada, stop. Pemain asing juga,” tandas Danny.

Kompetisi IBL 2024 diikuti 14 tim, yaitu :Satria Muda, Pelita Jaya, Prawira Harum Bandung,Dewa United, Perkasa, Bali United, Tangerang Hawks, Hangtuah,Pacific, Satya Wacana, Borneo Hornbills Bogor,Rans Simba Bogor,Rajawali Medan, dan Kesatria Bengawan Solo.