JAKARTA,Indotines.co.id – Timnas Indonesia U-16 sukses mengawali laga pada ajang ASEAN U16 Boys Championship 2024 atau Piala AFF U-16 di Stadion Manahan Solo, Jumat (21/6) malam. Pasukan Nova Arianto ini menang telak 3-0 atas Singapura.

Keunggulan ini membawa Timnas Indonesia U-16 menempati peringkat teratas sementara Grup A dengan raihan tiga poin, sama dengan peroelahan Laos, yang pada laga lainnya di Grup A juga menang dengan 3-0 (1-0) atas Filipina.

Berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia tampil menekan sejak awal. Pelatih Timnas U-16, Nova Arianto menginstruksikan anak asuhnya untuk tampil dengan tempo tinggi sejak awal laga.

Serangan demi serangan dilancarkan Indonesia ke gawang Singapura. Namun Garuda Asia kesulitan untuk membobol gawang sang lawan, karena Singapura bertahan dengan rapat.

Asik menyerang, Indonesia mendapatkan masalah setelah Putu Panji melakukan handsball di kotak terlarang. Namun eksekusi penalti pemain Singapura. Nathan Mao berhasil digagalkan penjaga gawang Timnas U-16 M Ichsan, sekaligus memupuskan asa Singapura mencetak gol.

Baca Juga:  Pekan Terakhir BRI  Liga 1, Perebutan  Sisa Tiket AFC Cup dan Jurang Degradasi

Timnas U-16, akhir mampu menjebol gawang Singapura pada menit ke-40, melalui tandukan Mierza, yang memanfaatkan lemparan jarak jauh dari Fabio, sekaligus merubah skor 1-0 untuk Indonesia. Skor ini bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-16 tidak menurunkan tempo serangan mereka. Mereka terus menggempur pertahanan Singapura sejak awal babak kedua.

Timnas U-16 akhirnya mampu memperbesar keunggulan melalui titik penalty pada menit ke-57. Evandra yang ditunjuk sebagai algojo sukses melakukan tugasnya dengan baik sehingga Indonesia unggul 2-0 atas Singapura.

Keunggulan 2-0 membuat pasukan ‘Merah Puth’semakin percaya diri dan terus melakukan gempuran ke gawang Singapura. Uaya ini akhirnya membuahkan hasil, tiga menit menjelang laga berakhir tepatnya di menit ke-87, Alberto yang lolos dari jebakan offside, sukses menjebol gawang Singapura, sekaligus merubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Indonesia.

Baca Juga:  Tiket Pembukaan Asian Games Nyaris Habis

Skor 3-0 ini bertahan hingga pertandingan berakhir sekaligus membawa kemenangan untuk Timnas U-16 di laga pembuka ini. Pada laga kedua, yang berlangsung Senin (24/6) Indonesia akan menghadapi Filipina, sementara Singapura akan berjumpa Laos.