JAKARTA, Indotimes.co.id – Gelaran babak final Indonesia Basketball League (IBL) 2024 antara Pelita Jaya Jakarta dan Satria Muda Pertamina akan menjadi laga paling seru dan menarik sepanjang kompetisi bola basket paling bergengsi di tanah air itu bergulir sepanjang tahun ini.

Tentunya bukan rahasia lagi laga puncak yang mempertemakan dua klub langganan juara, penuh dengan makna yang menarik, selaian persaingan keduanya untuk menjadi yang terbaik.

Mengusung laga final yang berdeda dari gelaran tahun-tahun sebelumnya, yaitu menerapkan format home-away dengan sistem best-of-three, laga final akan dimulai dimana Satria Muda menjadi tuan rumah Game 1. Mereka akan bermain di Britama Arena, Kelapa Gading,Jakarta Utara, pada Kamis (1/8) malam.

Kemudian Game kedua berlangsung di kandang Pelita Jaya, di Indoor Stadium SC, Tangerang, pada Sabtu (3/8) malam. Pelita Jaya yang finis di urutan kedua dalam klasemen akhir IBL Tokopedia 2024 (21-5), mendapatkan home-advantage.

Baca Juga:  Piala Presiden 2024 : Arema FC Jumpa Borneo FC di Final

Sehingga mereka tidak hanya menjadi tuan rumah di Game 2, melainkan juga sebagai tuan rumah Game 3 jika pertandingan finala diperlukan, digelar Games ketiga (jika pertadingan kedua tim berlangsung imbang dalam dua games yang digelar). Pertandingan penentuan akan berlangsung di Indoor Stadium SC, Tangerang. pada Minggu (4/8) malam.

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, memastikan partai puncak IBL musim ke-21 2024 ini bakal berlangsung menarik dan seru. Walau dia juga tak menampik masih terus melakukan perbaikan untuk menutup beberapa kekurangan.

“Minggu ini kita akan gunakan (format) home-away di babak final. Ini belum pernah terjadi sebelumnya. Kita optimistis dengan perubahan ini,” kata Junas kepada media di Gold Dragon – Spark, Senayan, Jakarta, Selasa (30/7).

Junas berharap laga final IBL tahun ini bisa menjadi lebih baik lagi. Baik liganya, timnya, pemainnya, dan tentu industrinya. “Kita berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Karenanya home-away ini menjadi penting, utamanya bagi masing-masing fans.” tandas Junas.

Baca Juga:  Tim Siwo DKI Jakarta Juara Piala Walikota Gibran 2022

Sebagaimana diketahui, Satria Muda Pertamina lolos ke partai puncak IBL 2024 setelah mengandaskan perlawanan Dewa United Banten dengan skor 2-0 di babak semifinal. Sementara Pelita Jaya Jakarta maju ke babak final, setelah menyingkirkan perlawanan juara bertahan, Prawira Harum Bandung, juga dengan skor 2-0.

Laga final IBL 2024 ini akan menjadi kali kelima pertemuan kedua tim di babak final IBL dari sembilan musim terakhir. Empat final sebelumnya terjadi pada edisi 2017, 2018, 2021, dan 2022. Satria Muda berhasil menang tiga kali, sedangkan Pelita Jaya hanya sekali yaitu 2017.

Bahkan dari dua kali pertemuan kedua tim pada babak reguler IBL edisi 2024 ini, Satria Muda tampil sebagai pemenangnya. Pertemuan pertama berakhir dengan skor 100-77 dan pertemuan kedua berakhir dengan skor 73-72.

Namun demikian penentuan untuk menjadi yang terbaik pada ajang IBL 2024 ini, adalah pada laga final yang akan digelar mulai 1 Agustus mendatang.

Baca Juga:  Komisi X DPR RI Apresiasi Paparan Menpora Soal Grand Design Keolahragaan Nasional