JAKARTA, Indotimes.co.id – Presiden FIDE Asia Sheikh Sultan Khalifa Al Nahyan secara resmi membuka JAPFA Chess ke-14 2024, di Gedung Serbaguna Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (17/8). Turnamen berhadiah total uang Rp 325 juta akan berlangsung hingga Jumat (23/8) mendatang.

Dalam sambutannya, Sheikh Sultan Khalifa Al Nahyan mengaku terkejut dengan besarnya animo para pecatur muda, sebagai bibit catur di masa depan. Dua berkeyakinan masa depan catur Indonesia akan lebih maju.

“Sungguh luar biasa animo bibit-bibit muda catur Indonesia ikut turnamen ini. Saya mengapresiasi dan berkeyakinan catur Indonesia akan sangat maju di kemudian hari. Saya juga mengucap selamat Ulang Tahun untuk Indonesia,” kata Sheikh Sultan Khalifa Al Nahyan, yang didampingi Ketua Umum Percasi GM Utut Adianto dan Direktur Corporate Affairs PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. Rachmat Indrajaya.

Baca Juga:  Batal ke Prancis,  Timnas U-19  Incar Tiga Negara untuk TC Lanjutan  

Sebelumnya, Ketua Umum PB Percasi GM Utut mengapresiasi setinggi-tingginya kepedulian JAPFA untuk terus mensupport catur Indonesia. “Dari tahun 1999 JAPFA penuh setia membantu catur dan telah melahirkan GM Susanto Megaranto hingga generasi berikutnya WGM Medina, IM Irene Sukandar dan GM Novendra Priasmoro,” ujar GM Utut.

Karenanya Utut berharap dari JAPFA Chess Festival ke-14 2024 ini, ajan terus
melahirkan juara-juaran dunia. Karena hal ini sesuai dengan tekad PB Percasi yang ingin terus melahirkan pecatur- pecatur andal yang mampu mengukir kelas dunia.

“Semoga Federasi Catur Asia membantu tekad tinggi PB Percasi dengan membantu memberikan jalan cita-cita tinggi tersebut,” tandas GM Utut.

Sementara itu Ketua Panpel turnaane, yang juga adalah Sekjen PB Percasi Hendry Hendratmo melaporkan JAPFA Chess Festival ke-14 2024 mempertandingkan junior, senior, veteran, beregu antar perusahaan serta partai bergengsi Dwi Tarung Womens Grand Master antara pecatur kebanggaan Indonesia WGM Medina Warda Aulia melawan WGM Vo Thi Kim Phung dari Vietnam yang seluruhnya akan berlangsung sembilan babak untuk catur klasik

Baca Juga:  Menpora Hadiri Jalan Sehat HUT ke-65 KAHMI

“Total peserta sebanyak 542 peserta dari 21 propinsi,” tutur Hendry. “Namun ada juga peserta dari luar negeri, dari (1), Malaysia (2) dan Filipina (2). Rinciannya turnamen diikuti dua Grand Master, delapan Internasional Master, 22 Master Fide dan 80 Master Nasional,” jelasnya.

Direktur Corporate Affairs PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk. Rahmat Indrajaya menyebutkan jika JAPFA bahagia laporan lebih 500 peserta mengikuti turnamen. “Turnamen ini menjadi ajang try out untuk PON XXI -Sumatera Utara,” kata Rahmat. “Turnamen ini sebagai kelanjutan dari JAPFA setelah pekan sebelumnya menggelar Fun Chess di Cars Free Day (CFD) dengan menampilkan catur simultan GM Susanto Megaranto lawan 20 pecatur dan Blind Chess. Kami melihat animo besar masyarakat mengikuti event kami tersebut. Komitmen kami yang telah 20 tahun lebih kerja sama dengan PB Percasi, ingin lebih luas memperkenalkan catur untuk masyarakat Indonesia, utamanya kepada anak-anak dan generasi muda. Kami ingin melahirkan pecatur kelas dunia dari Indonesia,” tegas Rahmat.

Baca Juga:  Jonatan Christie Raih Emas Tunggal Putra Asian Games

Acara pembukaan Turnamen JAPFA Chess Festival ke-14 2024, bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI ke 79, yang bersamaan pula dengan HUT ke- 74 PB Percasi.