MEDAN, Indotimes. co.id – Pegulat andalan DKI , Andika Sulaeman membuktikan dirinya sebagai salah satu penguasa gaya greco nasional. Andika kembali meraih medali kelas 77kg gaya greco PON XXI -Sumut, setelah menghentikan perlawanan pegulat Agus Fajar dari di final Rabu (18/9) malam di GOR Binjai, Sumut.

Hebatnya, Andika meraih medali emasnya dari kemenangan dengan bantingan TOS jatuhan di menit pertama!

Keberhasilan Andika Sulaeman membuat tim Jakarta sukses besar di pentas gulat PON XXI-2024 . Tim gulat Jakarta sementara ini sudah mengoleksi 2-1-1 set medali.

Tim gulat Jakarta sebelumnya sudah meraih satu medali emas satu medali perunggu melalui M.Rudiansyah di kelas 97kg gaya bebas dan Selfi Ajeng Safitri di kelas bebas putri 50k, pada Senin (16/9) malam. Hari ini, selain Andika, pegulat putri Desya Leonara Djamaniua memberi medali perak dari kelas 57 kg bebas putri.

Baca Juga:  Rionny Mainaky Resmi Tangani Tunggal Putri Indonesia

Perolehan di PON XXI 2024 ini sudah jauh melampaui peraihan satu medali emas di PON XX 2021, Papua. Saat itu, Andika meraih medali emasnya juga dengan mengungguli pegulat Jatim, Supriyono.

“Alhamdulillah. Terima kasih ya Allah. Andika tampil sesuai harapan,” ujar manajer tim gulat Jakarta H.Heru Pujihartono dari sisi matras gulat GOR Binjai.

Menurut Heru, raihan dua emas menyamai 20 tahun yang lalu PON 2004. “Terima kasih, teman-teman pegulat. Kita sudah melampaui target dua medali emas,” ujar pemilik katering Nendia Primarasa itu.

H.Heru Pujihartono memuji penampilan Andika Sulaeman dan Desya Leonora Djamaniua. Khusus Desya, H.Heru menyebut jika dia memiliki masa depan yang cerah.

“Desya ini baru 16 tahun, masih panjang karirnya. Kita harapkan dia terus berlatih. Saya yakin dia bisa lebih kita andalkan di event-event gulat nasional. Baru tampil perdana di PON saja dia sudah menyumbang medali perak,” papar Sekretaris Dewan Penasihat DKI Jakarta itu.

Baca Juga:  Greysia/Apriyani Pertahankan Gelar Thailand Open

Terkait penampilan ‘juara bertahan’ Andika Sulaeman, Heru menyebut jika penguasa kelas 77kg gaya greco itu tampil memukau seperti biasanya.

Heru menyebut jika Andika Sulaeman turun ke matras dengan penuh percaya diri. “Kepercayaan dirinya begitu luar biasa,” tandasnys.

Jakarta menurunkan enam pegulat, yakni Rudiansyah, Andika Sulaeman, Ahmad Zinadine Zidane (67 kg Greco), Rafli Afandi (57 kg bebas putra), serta Selfi Ajeng Safitri dan Desya Leonora Djamaniua.

Andika dan Rudiansyah sudah memperkuat tim gulat Jakarta di PON XIX 2016, . Kala itu tim gulat Jakarta gagal merengkuh medali emas, hanya membawa pulang lima perunggu. Andika tampil lebih ‘gila’ di PON XX 2021, Papua, dengan merenggut medali emas kelas 77 kg gaya grego.

Andika adalah peraih medali perak SEA Games 2021 Hanoi dan medali emas SEA Games 2023 Kamboja.

Baca Juga:  Edy Rahmayadi Mundur dari Ketum PSSI