JAKARTA, Indotimes.co.id – Pada Forum The Seventh Inclusive Business Forum 2024 yang berlangsung di Vientiane, Laos, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) mempresentasikan berbagai praktik unggulan yang telah diterapkan Pemerintah Indonesia dalam mendukung pengembangan bisnis inklusif.

Sebagai focal point pengembangan bisnis inklusif di Indonesia, KemenKopUKM berperan strategis dalam menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan dan inklusif. Hal ini melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk komunitas internasional, untuk memastikan keberlanjutan program-program yang mendukung pengembangan usaha kecil dan menengah (UMKM).

Dalam sesi High-Level Panel on Promoting Inclusive Business in ASEAN, Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi, dan SDM Aparatur Kemenkop UKM, Koko Haryono, memaparkan sejumlah langkah yang telah diambil Indonesia untuk mendukung pengembangan bisnis inklusif.

Beberapa di antaranya mencakup program Rumah Produksi Bersama (RPB), kemitraan antara UMKM dan perusahaan besar, pendanaan melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta pelatihan dan pendampingan bagi wirausaha sosial.

Baca Juga:  Perusahaan Migas Italia ENI Ambil Alih Seluruh Saham Proyek IDD

“Langkah-langkah ini kami lakukan untuk memastikan bahwa UMKM dapat berkontribusi secara aktif dalam pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs),” kata Koko Haryono dalam keterangan resminya, Selasa (24/9).

The Seventh Inclusive Business Forum 2024 diselenggarakan dengan tujuan mengeksplorasi upaya-upaya konkret dalam mempromosikan bisnis inklusif di kawasan ASEAN.

Forum ini terdiri dari dua bagian utama, yaitu sesi dialog untuk berbagi pengetahuan dan praktik terbaik, serta lokakarya yang memberikan wawasan dan instrumen praktis bagi UMKM dalam meningkatkan dampak sosial mereka.

“Kami berharap pengakuan formal terhadap wirausaha sosial dapat memperluas peluang kerjasama dan akses pendanaan dari berbagai pihak, termasuk para pemangku kepentingan yang berfokus pada pencapaian SDGs,” lanjut Koko.

Pada forum tersebut, salah satu UMKM unggulan Indonesia, Java Halu, berhasil meraih penghargaan atas keberhasilan mereka dalam menerapkan konsep Inclusive Business. Java Halu memberikan dampak sosial dan ekonomi yang signifikan bagi komunitas petani kopi di sekitar Gunung Halu dan Gunung Tilu, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga:  Komisi IV DPR Dukung Menteri KKP Terkait Ekspor Benih Lobster

“Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari dukungan seluruh negara ASEAN yang hadir, serta mitra pembangunan lainnya. Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang tulus dari Indonesia atas dukungan besar ini,” ungkap Koko.