JAKARTA,Indotimes.co.id – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi 2024 di Media Center Graha Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

Penghargaan ini diberikan kepada para pelaku dunia olahraga, terdirin dari olahragawan, mantan atlet, pelatih, wasit, dosen, media, pembina, hingga penggerak olahraga seperti federasi, induk olahraga dan juga yayasan.

Dalam sambutannya Menpora mengucapkan atas penghargaan yang diberikan, baik untuk olahragawan, pelatih, wasit, dosen, media, pembina dan penggerak.

“Ini merupakan apresiasi dan penghargaan negara atas dedikasi komitmen kerja keras serta bakti Bapak Ibu untuk negara dan masyarakat melalui olahraga,” kata Menpora .

Menpora juga menjelaskan, sejatinya penghargaan ini diberikan dalam momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dilakukan bertepatan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumut 2024 di Banda Aceh. Namun karena saat itu tidak bisa menghadirkan para penerima penghargaan secara lengkap, sehingga pemberian penghargaan baru diberikan kali ini.

Baca Juga:  Persiapan SEA Games 2022 Vietnam, Tim Pelatnas Renang Gelar Time Trial

Lebih lanjut, dijelaskannya para penerima penghargaan ini telah melalui seleksi penilaian oleh tim penilai gabungan yang terdiri di antaranya dari kementerian, akademisi, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), dan juga pakar-pakar lainnya. Semua proses itu dilakukan secara independen.

“Penghargaan ini kami lakukan setiap tahun. Jadi semua yang terpilih adalah yang kami nilai sudah berkontribusi dalam kemajuan olahraga keseluruhan di Indonesia. Saya kira masyarakat juga bisa menilai bagaimana kontribusi semua tokoh yang tadi diberikan penghargaan pada olahraga di Indonesia,” tambah Menpora.

Menpora juga berharap penghargaan yang diberikan menjadi penyemangat untuk menularkan pengalaman dan inspirasi kepada para atlet dan masyarakat pada umumnya. “Sekali lagi selamat atas penghargaan yang Bapak Ibu sangat layak untuk mendapatkannya,” tandass Menpora.

Pemberian penghargaan kepada pelaku olahraga berprestasi ini sendiri merupakan implementasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 44 Tahun 2014 tentang Pemberian Penghargaan Olahraga. Para penerima penghargaan selain pembina, juga menerima piagam dan kesejahteraan yang besarannya bervariasi.

Baca Juga:  Polri Keluarkan Izin, IBL Resmi Digelar 10 Maret 2021

Hadir di antara para penerima penghargaan yaitu Menteri Investasi dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Rosan Roeslani yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI).

Berikut ini daftar penerima penghargaan Insan Olahraga Berprestasi 2024 :

1. Bonyx Yusak Saweno (Purna Olahraga Tinju)
2. Aero Sutan Anwar (Jetski)
3. Veda Ega Pratama (Balap Motor)
4. Iqbal Chandra Pratama (Pencak Silat)
5. Michael Robert Mustika (Tinju)
6. Syaiful Rizal (Sepak Takraw)
7. Muhammad Hardiansyah Muliang (Sepak Takraw)
8. Abdul Halim Radjiu (Sepak Takraw)
9. Hendra Basir (Pelatih Panjat Tebing)
10. Dadang Haris Purnomo (Pelatih Balap Sepeda)
11. Jalaludin (Wasit Voli Pantai)
12. Dr. Taufik Yudi Mulyanto (Dosen)
13. Yenny Wahid diwakili Ibu Elisyabeth (Wasektum PP FPTI)
14. Wempi W. Mawa diwakili Pak Fureng Elisa (Kadispora Kab. Malinau)
15. Supardi Somantri (Penggerak Olahraga)
16. Ida Ayu Anom Purnamaningsih (Penggerak Olahraga)
17. Dr. Jainal Abidin Simanjuntak (Penggerak Olahraga)
18. Olih Liliawati Ananda Hidayat (Penggerak Olahraga)
19. Drs. Mansur (Penggerak Olahraga)
20. Sukendro (Penggerak Olahraga)
21. Anindya Bakrie ( CdM Olimpiade Paris)
22. Rosan Perkasa Roeslani (Ketua Umum) PB PABSI.

Baca Juga:  Menpora Minta Timnas Pelajar Indonesia Juara