JAKARTA, Indotimes.co.id – Berpetualang menjelajahi dunia digital telah menjadi kewajaran bagi generasi alpha, tetapi bercengkerama dengan keramahan masyarakat dan menelusuri indahnya alam Indonesia sembari menemukan nilai-nilai kehidupan, tentu menjadi sebuah pembelajaran yang istimewa.

Lewat program berkesinambungan bertajuk “Spirit”, BPK PENABUR Jakarta, lembaga pendidikan Kristendi Indonesia, mengajak peserta didiknya mulai jenjang TK, SD, SMP, SLTA, maupun SPK untuk keluar dari zona nyaman mereka.

“Kegiatan ini bukan sekedar rekreasi biasa, tetapi mengajak peserta didik live in, tinggal di rumah warga,merasakan pengalaman dengan kultur serta budaya baru. Jadi, mereka mengalami secara langsungkeberagaman Indonesia.” ungkap Kenny Lim, Ketua BPK PENABUR Jakarta.

Mengusung tema ‘Menemukan Kembali Jawa Timur’, program “Spirit of Adventure” dikhususkan bagi peserta didik jenjang SMPK PENABUR Jakarta. Dalam lima gelombang keberangkatan selama periode 20September hingga 2 Oktober 2024, 1.094 peserta menjelajah area Malang dan Pasuruan.

"Spirit of Adventure” 2024 BPK PENABUR Jakarta : Menghidupkan Kepedulian Sambil Berpetualang

Richella Evangeline Quincy Lim Musu, peserta didik SMPK PENABUR Kota Jababeka yang mengikuti“Spirit of Adventure” gelombang satu merasa antusias dan tidak sabar ikut berpetualang bersamateman-teman baru. “Saya belum pernah ikut kegiatan “Spirit” saat SD, makanya penasaran.” ungkap peserta didik yang akrab dipanggil Quincy tersebut.

Baca Juga:  BNPT Berkomitmen Ciptakan Pesta Demokrasi yang Aman dan Damai

Membangun Nilai BEST Lewat Kegiatan Sosial

Sejak dilaksanakan pertama kali pada 2019, program ini memiliki daya tarik bagi peserta didik dan menjadi perhatian orang tua.

Tidak hanya menikmati keindahan alam di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) serta JatimPark 1 dan Jatim Park 2, para peserta pun melakukan kegiatan sosial untuk membantu Yayasan BaithaniTengger, sebuah sekolah yang mengembangkan kearifan lokal.

Secara bergotong royong mereka membantu sekolah tersebut agar lebih nyaman dalam kegiatan belajar mengajar misalnya membantu menyampul buku di perpustakaan, berbagi pengalaman berorganisasi, serta melakukan proyek pipanisasi.

Lidya Ida Fatonah, Kepala Bagian Layanan dan Pendukung Pendidikan BPK PENABUR Jakarta mengungkapkan harapannya, “Semoga melalui proyek pipanisasi ini, air yang dialirkan tidak hanya menjadi berkat untuk sekolah Baithani, tetapi juga bermanfaat bagi warga sekitar khususnya saat musim kemarau, ” imbuhnya.

Para siswa SMP ini juga berkesempatan untuk mengalami kehidupan pedesaan bersama warga desa wisata Podokoyo. Mereka memanen kentang di lereng gunung yang terjal, serta mengolahnya menjadi kudapan yang lezat.

Nilai-nilai kearifan penduduk lokal, baik orisinalitas budaya, kerukunan antar umat beragama, juga kecintaan kepada alam, ditularkan kepada para peserta melalui interaksi yang hangat selama merekabermalam.

Baca Juga:  Duta Damai Garda Depan Untuk Tingkatkan Daya Tangkal Radikal Terorisme di Kalangan Generasi Muda

“Saya berharap setelah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi pribadi yang lebih mandiri, beranibersosialisasi dengan teman-teman baru, serta lebih peduli kepada sesama.” ucap Quincy.

Kenny Lim mengungkapkan tujuan dari perjalanan edukatif “Spirit of Adventure” ini adalah untukmembentuk profil BEST bagi peserta didik.

Be Tough, yakni ketangguhan peserta didik dalam mewujudkan proyek pipanisasi.
Excel Worldwide, peserta didik mampu mengenal dan belajar budaya lokal.
Share with Society, peserta didik berbagi tenaga dan pengalaman di sekolah Baithani serta desa Podokoyo.
Trust in God, memiliki sikapmengandalkan Tuhan dalam kehidupan keluarga, sekolah, gereja, dan masyarakat.

Dukungan Berbagai Pihak

Program “Spirit of Adventure” 2024 berjalan lancar berkat dukungan berbagai pihak, seperti layanantransportasi yang nyaman dari PT Kereta Api Indonesia (Persero), Tbk.

Dalam sambutannya saat mengantar keberangkatan peserta “Spirit of Adventure” gelombang satu,Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero), Tbk didampingi Yuskal Setiawan,Executive Vice President Daop 1 menyinggung bahwa saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero), Tbksedang menggalakkan program go green dengan menyediakan air minum isi ulang gratis bagipenumpang yang membawa tumbler pribadi sebagai bentuk kepedulian lingkungan, yang sejalan dengantujuan “Spirit of Adventure”.

Baca Juga:  Calon Daerah Penyelenggara PON Harus Punya Modal Awal

Sedangkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala CabangDinas Pendidikan wilayah Pasuruan Erwan Tjahjono, didampingi Kepala Seksi SMA Sungkowidipto menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Kami sungguh berterima kasih karena melalui program pipanisasiSMP dan SMA Baithani bisa mendapatkan air yang merupakan kebutuhan pokok bagi kebersihan dankeindahan lingkungan sekolah. Sehingga dengan fasilitas yang lebih baik, kami berharap para siswa akansemakin semangat bersekolah.”, tutur Erwan.

“Spirit of Adventure” juga mendapatkan dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur, diwakili oleh Wisnu Ady Septian dan tim. Mengaku terharu dengan pelaksanaan kegiatan ini, Wisnumenyampaikan, “Spirit of Adventure membuktikan bahwa berwisata tidak hanya untuk menikmati keindahan saja namun juga bisa memberikan manfaat bagi warga lokal. Saya berharap agar kegiatan inibisa menginspirasi wisatawan untuk memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat.”, pesan Wisnu.

Mari hidupkan kepedulian sosial dan nikmati keragaman Indonesia bersama “Spirit of Adventure” SMPKristen PENABUR Jakarta!