Genjot KUMKM, Puspayoga Serahkan Sertifikat Koperasi, HAKI Hingga IUMK

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Koperasi Kecil dan Menengah () menyerahkan badan hukum koperasi kepada Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN), sertifikat HAKI (hak merek) kepada beberapa pelaku UKM yang bergerak di sektor kerajinan dan makanan olahan, hingga Izin Usaha dan Kecil (IUMK) usai acara peluncuran Ritel Modern Lembaga Ekonomi Umat (LEU) Mart oleh Jokowi di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara di Kabupaten Serang, Banten, Rabu (14/3).

Selain itu,  Puspayoga juga menyerahkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada tiga pelaku UKM makanan olahan sebesar masing-masing sebesar Rp25 juta.

Hadir dalam acara penyerahan sertifikasi dan KUR,  Bidang Produsi dan Kementerian Koperasi dan UKM I Wayan Dipta,  Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Yuana Sutyowati,  Direktur Bisnis Ritel BRI Syariah Widodo dan Direktur LEUMart Agus Yuliawan.

Baca Juga:  Akademisi Unand Tekankan Urgensi Lembaga Pengawas Koperasi dalam RUU Perkoperasian

Pada kesempatan itu, Puspayoga msmpersilakan Widodo menyampaikan pendapatnya terkait pengembangan bisnis ritel bagi koperasi dan UMKM.

Menurut Widodo, pihaknya akan menindaklanjuti pembicaraan yang sudah ada terkait pengembangan ritel modern bagi kalangan koperasi dan usaha mikro.

“Sudah ada pembicaraan, kami ikut pengembangan (usaha) di pesantren.  Seperti kegiatan layanan perbankan yang cukup dikaitkan laku pandai berbasis syariah. Kebetulan BRI Syariah memiliki layanan itu,” kata Widodo.

Sebelumnya,  bisnis ritel konsinyasi modern pertama di bernama LEUMart yang dicetuskan Lembaga Ekonomi Umat (LEU) resmi diluncurkan Presiden Jokowi di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara di Kabupaten Serang, Banten.

Peluncuran tersebut dilakukan langsung Presiden Jokowi disela-sela acara kunjungan kerjanya yang datang langsung di tempat acara tersebut dan berbarengan dengan peluncuran lembaga-lembaga ekonomi umat yang lain.

Dalam acara tersebut hadir para menteri, diantaranya Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, pimpinan lembaga negara, CEO BUMN, dan para tokoh masyarakat dari kalangan Ormas Islam.

Baca Juga:  LPDB Lirik Pola Tanggung Renteng Kopwan SBW

Saat menandatangani prasasti LEUMart, Jokowi mengungkapkan, keberadaan dari LEUMart bisa membantu pengembangan dan pembangunan ekonomi di pondok-pondok pesantren. “Hal ini sangat baik sekali untuk masa depan pendidikan para santri di pondok pesantren,” kata Presiden Jokowi.