JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM ( UKM) dan Kurokawa Laboratory asal Jepang mengembangkan kemitraan di sektor hijau dengan memperkenalkan kompor inovatif ramah lingkungan kepada para dan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten dan Pandeglang, , pada 26-27 Agustus 2024.

“Inisiatif Kurokawa Laboratory ini sangat baik dalam meningkatkan kesadaran masyarakat rural tentang kesehatan mereka dan membuka peluang untuk pengembangan sektor Green Economy di kalangan UMKM,” kata Bidang Mikro Kemenkop UKM Yulius dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (28/8).

Pada tahap sosialisasi tersebut, dipaparkan terkait bahaya asap memasak yang dihasilkan dari tungku tradisional yang masih banyak menggunakan tungku tradisional berbahan bakar kayu. Penggunaan tungku tradisional untuk sekali memasak, asapnya setara dengan menghisap 4000 batang rokok, sebuah fakta yang mengancam kesehatan, terutama bagi ibu hamil dan anak-anak.

Baca Juga:  UMKM Masyarakat Sekitar Tambang Unjuk Gigi Saat KTT ASEAN Summit

Masyarakat dan pelaku UMKM dalam program tersebut diperkenalkan dengan tungku memasak inovatif yang menggunakan pelet berbahan sekam , yang mampu mengurangi asap hingga 80 persen.

Oleh karena itu, pengenalan tungku ramah lingkungan ini diharapkan dapat mengurangi risiko kesehatan serta membantu melindungi lapisan ozon.

Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Bagus Rachmandalam kick off meeting di PLUT-KUMKM
Banten menambahkan, pentingnya mendorong pengembangan inovasi ini agar manfaat ekonominya lebih luas dirasakan masyarakat.

“Penerapan tungku ramah lingkungan ini dalam rumah tangga memiliki potensi yang besar,” ucap Bagus.

Sementara itu, Prof Motohiro Kurokawa dari Kurokawa Laboratory menjelaskan,  inovasi tungku yang diperkenalkan ini dapat mengurangi potensi kematian akibat asap serta mempermudah proses memasak di masyarakat rural.

“Penggunaan pelet sebagai bahan bakar, lebih praktis dan tidak memerlukan pemotongan seperti kayu bakar. Ini diharapkan menjadi solusi yang lebih sehat dan efisien,” ujar Motohiro.

Baca Juga:  Pemerintah Siapkan Paket Stimulus Market

Dalam acara ini, tim gabungan dari Kurokawa Laboratory yang terdiri dari 7 mahasiswa dari Takasaki City University, Jepang, serta tim dari KemenkopUKM dan PLUT-KUMKM, mengunjungi Koperasi Create Handycraft Innovation Product (CHIP) di Pandeglang. Kunjungan itu untuk menjajaki potensi kemitraan rantai pasok di sektor ekonomi hijau. Ini menjadi langkah awal dalam memproduksi tungku dan pelet, khusus di Indonesia.