Kemenkop UKM Perluas Peluang Pasar Ekspor Melalui TEI Ke-38

JAKARTA, Indotimes.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023 sebagai acara yang berupaya mempromosikan produk unggulan Indonesia sekaligus memperluas peluang pasar ekspor UKM ke luar negeri.

TEI ke-38 2023 mengangkat tema Sustainable Trade for Global Economic Resilience. Acara ini diharapkan menjadi titik balik bagi geliat ekonomi Indonesia pascapandemi COVID-19.

Dalam acara ini, Kemenkop UKM memfasilitasi 22 UKM untuk ikut serta berpameran, yang terdiri dari 2 UKM kategori furnitur dan homedecor, 9 UKM personal care dan wellness, serta 11 UKM di bidang makanan dan minuman.

Kemenkop UKM juga memfasilitasi merek kolektif MyNyale yang menampilkan produk unggulan dari Lombok, yang juga merupakan hasil kerja sama dengan United Nation Industrial Development Organization (UNIDO) dan Kementerian Perdagangan.

Sekretaris Deputi Bidang UKM, Kemenkop UKM Koko Haryono dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (21/10) mengatakan, MyNyale merupakan brand yang mewadahi 12 koperasi dan UKM. Mereka tergabung dalam merek kolektif yang bertujuan untuk menjangkau pasar global dan mempromosikan keberlanjutan SDGs 2030. Salah satunya Koperasi Gumi Nyale dengan produk wastra, aksesori, dan produk pangan pertanian.

Baca Juga:  Pertagas Niaga Siap Pasok Gas Pelabuhan Muaro Jambi

MyNyale turut meramaikan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-38 tahun 2023. TEI ini merupakan pameran yang mengangkat produk unggulan Indonesia sebagai upaya untuk memperluas peluang pasar ekspor UKM ke luar negeri.

“Kehadiran MyNyale di TEI membawa perspektif baru bagi produk-produk buatan lokal Lombok dengan menerapkan praktik-praktik pengembangan produk berkelanjutan yang diakui secara internasional untuk direplikasi di seluruh Indonesia,” kata Koko.

Selain itu, para pelaku UKM berkesempatan untuk bertemu calon pembeli internasional yang berasal dari berbagai negara di antaranta India, Malaysia, Tiongkok, Australia, Brasil, dan masih banyak yang lain.

Tercatat sebanyak 5.600 calon pembeli internasional dari 100 negara hadir pada (TEI) tahun ini. Pameran TEI digelar pada 18-22 Oktober 2023 berlokasi di Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Banten.

Pameran TEI 2023 juga dilaksanakan secara daring berbasis e-catalogue pada 18 Oktober – 18 Desember 2023.

Baca Juga:  Pemerintah Targetkan KUR 2018 Dialokasikan ke Sektor Produktif

Pada kesempatan yang sama, Lilik Triyanto, National Agrifood Value Chain Specialist UNIDO menyebutkan banyak pengunjung yang terdiri dari pengusaha, wirausahawan, dan eksportir hadir di stand MyNyale. Mereka menunjukkan ketertarikannya untuk mendiskusikan potensi kolaborasi, terutama untuk produk-produk seperti makanan, tekstil, dan perhiasan yang dapat ditargetkan bagi pasar ekspor.

“Salah satu pengusaha dari Chili sangat terkesan dengan produk MyNyale, terutama tekstil tenun yang dibuat dari serat eceng gondok. Dia menunjukkan antusiasme yang tinggi ketika bertanya tentang proses produksi dan meminta video yang menunjukkan cara pembuatannya. Jelas sekali bahwa mereka sangat tertarik dengan produk kami,” katanya.

Dalam kegiatan TEI 2023 juga dilakukan penandatanganan Technical Arrangement antara Swisscontact, Kemenkop UKM, serta KADIN Swiss yang merupakan kerja sama Pengembangan Kapasitas bagi Layanan Promosi Ekspor.

Kerja sama mencakup upaya meningkatkan layanan promosi ekspor kepada perusahaan yang siap ekspor, memberikan akses yang lebih baik kepada perusahaan-perusahaan ini dengan fokus kuat pada target pasar Swiss dan Eropa.

Baca Juga:  Koperasi Berkualitas Harus Mampu Menggarap Sektor Riil