JAKARTA, Indotimes.co.id – Sekretaris Kementerian Koperasi UKM () Arif Rahman Hakim menekankan dengan pemahaman keuangan yang tepat, diharapkan Aparatur Sipil Negara (ASN), baik Generasi Z maupun , dapat memanfaatkan penghasilan yang diperoleh setiap bulannya untuk keperluan produktif yang menunjang aktivitas sehari-hari.

“Sekaligus mempersiapkan hari tua sejak dini, agar tidak terjerat masalah keuangan,” kata Arif Rahman Hakim pada acara Seminar Literasi Keuangan Merdeka Finansial Bersama di Jakarta, Rabu (21/8).

Seskemenkop UKM mengajak para ASN lebih bijak dalam memanfaatkan potensi keuangan masing-masing dengan cara mengelola pendapatannya. “Jangan sampai besar pasak dari pada tiang,” ungkap Arif.

Menurut dia, literasi keuangan merupakan salah satu solusi dan peluang dalam menghadapi berbagai masalah dan tantangan era globalisasi. “Salah satu upaya untuk mendukung peningkatan literasi keuangan adalah melalui edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” imbuh Seskemenkop UKM.

Baca Juga:  Peroleh Pernyataan Efektif OJK, PT Amman Mineral Internasional Tbk IPO Rp10,73 Triliun

Dalam beberapa literatur terkait pengelolaan keuangan, lanjut SesKemenkopUKM, besaran 10% sampai dengan 20% dari penghasilan,
dapat disisihkan untuk mempersiapkan masa . “Tujuannya adalah untuk mempersiapkan kehidupan yang
lebih baik di masa tua, tanpa membebani keluarga lain,” jelas Arif.

Sebagai ASN, bagi Arif, memiliki banyak opsi untuk menempatkan uang pada aset yang dapat berkembang nilainya dan memberikan imbal hasil. “Di dalam memilih
instrumen tersebut, tindakan kita sudah dapat disebut dengan . Ada banyak instrumen investasi yang tersedia di Indonesia, seperti deposito,
pemerintah, saham, properti, dan lain-lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Unit Dana Pensiun Keuangan (DPLK) Bank BJB Herfinia mengatakan,  pihaknya memiliki tugas untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di tengah masyarakat. “Acara seperti ini merupakan sharing tentang financial planning, agar masyarakat memahami bagaimana melakukan perencanaan keuangan,” kata Herfinia.

Baca Juga:  Koperasi Kompetitif Melalui Teknologi Informasi

Ketika literasi keuangan semakin meningkat, lanjut Herfinia, maka pemahaman masyarakat akan perencanaan keuangan juga bisa turut meningkat. “Misalnya, bagaimana mengelola keuangan pribadi untuk biaya anak sekolah, ibadah haji, dan sebagainya,” kata Herfinia.

Herfinia pun mengajak para pegawai untuk menyisihkan sekitar 30% dari pendapatannya, agar bisa dikelola dengan baik dalam mewujudkan apa yang diinginkan. “Bank BJB juga sudah lama menyalurkan pembiayaan bagi pelaku UMKM,” ujar Herfinia.