Smesco Indonesia Siap Gelar Kembali Indonesia Digital MeetUp Tahun Ini

JAKARTA, Indotimes.co.id – Smesco Indonesia kembali mengadakan acara Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM23) pada tahun ini dengan tema khusus Wirausaha Mudah, yang akan diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia pada 5-6 Oktober 2023.

Direktur Utama Smesco Indonesia, Leonard Theosabrata di Jakarta, Selasa (3/10), mengatakan kegiatan ini menjadi satu-satunya acara di Indonesia yang berisikan solusi-solusi digital bagi UKM yang ingin melakukan scaling-up bisnis.

Tahun ini dengan edisi khusus Festival Wirausaha Mudah, IDM23 membawa tema Datang Bawa Ide, Pulang Punya Bisnis. Dikarenakan adanya tema khusus, IDM23 tidak hanya membidik audience wirausaha mapan digital seperti tahun lalu, tetapi juga wirausaha dan calon wirausaha.

Acara ini akan terdiri dari Exhibition Day dan Conference Day. Di mana Exhibition Day di IDM23 akan menjadi tempat showcasing kemudahan berwirausaha untuk mendukung target pencapaian rasio 4 persen jumlah wirausahawan pada tahun 2024.

“Jadi kalau kita mau masuk ke dalam kategori , jumlah wirausaha harus dinaikkan rasionya, oleh karena itulah mengapa Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM menciptakan ekosistem yang mendukung,” katanya.

Baca Juga:  Smesco Indonesia Diusulkan Jadi ASEAN IB Center

Lebih lanjut Leonard menambahkan, pentingnya ekosistem bagi UKM tersebut akan mempermudah UKM dalam mengelola usaha yang ada di dalam ekosistem tersebut terdapat enabler (penggerak) dari mulai hulu sampai hilir.

“Ini menjadi penting karena teman-teman UKM yang mau membuka usaha kalau bisa mendapatkan fasilitas seperti ini, baik itu akses ke bahan baku, manufacturing, logistik, marketing, sampai kemudian channel digital ke penjualan, ini akan menjadi lebih mudah dan produk bisa lebih kompetitif,” kata dia.

Direktur Bisnis dan Smesco Indonesia Wientor Rah Mada menambahkan, IDM23 bertujuan untuk menjadi titik temu para pelaku UKM guna saling bertukar strategi, bertukar pikiran, berdiskusi mengenai kondisi yang sekarang maupun kondisi yang akan datang, dan lain-lainnya.

Terdapat 80 booth perusahaan yang menawarkan 6 jenis kemudahan yang akan didapat on the spot oleh pengunjung di antaranya kemudahan perizinan, kemudahan produksi, kemudahan logistik, kemudahan marketing, kemudahan enabler, dan kemudahan pembiayaan.

“Conference Day berupa talkshow, firechat, monotalk dari para praktisi atau UKM yang telah berhasil dengan strategi digital yang akan menjadi topiknya. Beberapa yang dibahas antara lain live streaming, video ads, video organic viral, Facebook ads, Instagram Ads, SEO, Google ads, copywriting, landing page, email marketing, strategi IPO untuk UKM, social media guerilla marketing, dan lain-lain,” kata Wientor.

Baca Juga:  BNI Gandeng GP Ansor Berdayakan UMKM Kemasyarakatan

Dalam acara ini, dilangsungkan juga peluncuran buku branding oleh Arto Biantoro yang merupakan Indonesia Activist, konsultasi hukum gratis untuk UKM, foto produk gratis untuk UKM, serta konsultasi iklan dan branding di sosial media.

Sementara Rudi Kurniawan, Head of commercials of Southeast Asia Snack Video menambahkan, kehadiran Snack Video dalam IDM23 bertujuan meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM di Indonesia.

“Sebagai aplikasi Video ke-2 terbesar di Indonesia, Snack Video bisa digunakan untuk konten , memperluas konten video pendek. Kami akan berpartisipasi dalam mengedukasi para pelaku UMKM,” ujar Rudi.

Dia menegaskan, Snack Video berbeda dengan Tiktok Shop dan senantiasa menaati ketentuan pemerintah dalam hal ini untuk mendukung UKM.

Tidak kalah menarik, Evermos sebuah platform connected commerce yang memberdayakan brand lokal dan underserved communities juga akan menandatangani nota kesepahaman dalam komitmennya mendukung pemerintah dalam memajukan ekonomi bangsa.

Baca Juga:  Sesuai Prinsip Prudential Banking, Kredit Bank Himbara Sejurus dengan Kepentingan Bangsa

Menurut VP of Business Strategy & Operations Evermos Azlan Indra, pihaknya akan mendukung pemerintah dalam acara IDM 2023 dengan menghadirkan berbagai pandangan hasil data terkait potensi pelaku Internet Marketing sebagai salah satu pemeran penting penggerak roda perekonomian.

“Selain itu, akan ada peluncuran dua solusi layanan terbaru berbasis fitur di platform Everpro, sebuah unit bisnis milik Evermos yang berfokus untuk menyediakan solusi lengkap bagi para pelaku bisnis, yaitu Everpro Funnel dan Everpro CRM untuk mempermudah pembuatan aset digital dan pengelolaan data untuk meningkatkan jumlah pesanan bagi UKM,” kata Azlan.

IDM23 ini diharapkan akan dihadiri oleh lebih dari 3.000 UKM dari seluruh Indonesia dan akan dibuka oleh Teten Masduki yang akan memberikan pidato kunci dan dimoderatori oleh Dirut Smesco Indonesia.