Taiwan, Indotimes.co.id – Penghargaan Golden Melody Ke-29, disiarkan oleh Taiwan Television Enterprise Ltd., berhasil digelar pada 23 Juni 2018. Malam penghargaan dan sejumlah pertunjukan yang mengiringinya, menyajikan sederet bintang andal, terdiri atas Jam Hsiao, A-mei, Eason Chan, JJ Lin, Lala Hsu dan ribuan penampil lainnya. Mereka meraih pengakuan luas dari profesional industri dan penyelenggara festival musik internasional. Berkat upaya Kementerian Kebudayaan mempromosikan GMA selama beberapa tahun terakhir; Kepala Biro Billboard Magazine di Tokyo memuji GMA atas peningkatan konten dan format acara dengan nilai produksi yang luar biasa. Ia menyatakan ajang tersebut sebagai “Grammy Awards”-nya Asia.
Festival GMA diadakan antara 20-23 Juni 2018, mencakup kegiatan Conference, Biz Matching Center, Networking, Pitching, Showcase dan GMA Heat. Konferensi tersebut mengundang lebih dari 40 perwakilan profesional, mengulas sejumlah tren musik dan berbagi pengalaman. Lebih dari 1.500 orang ikut-serta dalam konferensi ini.
Sejumlah mitra kerja festival GMA memanfaatkan bentuk kerja sama tahun ini bersama beberapa festival musik internasional. Lomosonic dari Thailand, Bentham dari Jepang serta grup musik beraliran punk asal Swedia the Magnettes, tampil dana Showcase. Berbagai pertunjukan dengan total 8 rangkaian artis asal Taiwan, termasuk No Party for Cao Dong, Sangpuy, Joanna Wang dan Eric Chou, turut memperoleh pujian dari banyak penyelenggara festival internasional, dengan 2.000 lebih orang yang berpartisipasi dalam acara tersebut.
Ada total 387 perusahaan asing dan lokal (321 perusahaan lokal, 66 perusahaan asing), serta 1.026 profesional industri, menghadiri Festival GMA, berikut 330 lebih pihak yang mendaftar untuk sesi Biz Matching, serta mencatatkan nilai transaksi sebesar 500 juta NTD. Ini adalah kali pertama bagi sesi tersebut dalam melibatkan lebih dari 1.000 profesional industri sejak Festival GMA pertama kali digelar pada 2014.
Ajang Golden Melody Awards Ke-29 mengusung ide-ide beraliran baru, dan memfasilitasi banyak peluang untuk perdagangan dan kerja sama. GMA tahun ini memanfaatkan media sosial dan mengembangkan berbagai materi yang terkait pada akun Facebook, Instagram dan Weibo. Lebih dari 1,85 miliar views berinteraksi dengan tagar #GMA# pada media sosial Weibo di Tiongkok. Semangat partisipasi dari generasi muda, pengaruh dan reputasi GMA dapat meningkat.