JAKARTA, Indotimes.co.id – Alumni Penabur Indonesia (ALPENINDO) yang tersebar di tanah air dan luar negeri siap menyongsong Indonesia Emas 2045. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan memperkuat sumber daya manusia (SDM) di lingkup alumni dari berbagai angkatan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat ALPENINDO Prof. Dr. Ariawan Gunadi S.H., M.H., usai dilantik bersama jajaran kepengurusannya di Hall Penabur International School Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (30/9).

“Kita akan menyongsong Indonesia Emas, yang jadi keyword adalah SDM yang berdaya saing. Alumni Penabur tersebar luas dari Sabang sampai Merauke dan luar negeri, bagaimana memiliki impact, memiliki legacy. Kita sebagai alumni Penabur kiprahnya bisa lebih lagi untuk Indonesia Emas,” kata Ariawan.

Lebih lanjut, menurut Ariawan, untuk mewujudkan itu, pihaknya juga akan menjalin koordinasi dan komunikasi antar angkatan, serta dengan Yayasan BPK Penabur, tempat mereka menimba ilmu saat masih sekolah.

Baca Juga:  Deradikalisasi Jalan Kembali Para Napiter dan Eks Napiter Kembali Terima Pancasila dan Demokrasi

“Kami akan kolaborasi lintas angkatan, baik senior maupun junior, dengan arahan Pak Ketua Dewan Kehormatan, juga kolaborasi dengan Ketua Yayasan (BPK Penabur) Pak Adri. Dengan bekerja keras, tentu linier dengan yang digariskan BPK Penabur,” ujar Ariawan yang juga Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara dan Profesor Tetap Bidang Ilmu Hukum Bisnis Universitas Tarumanagara.

Dikukuhkannya Ariawan Gunadi, diharapkan juga dapat memimpin ALPENINDO menuju era baru yang lebih inovatif dan berorientasi pada kolaborasi.
“Saya merasa terhormat mendapat kepercayaan untuk memimpin organisasi ini. Bersama, kita akan memperkuat jaringan alumni dan solidaritas untuk berkontribusi positif bagi masyarakat,” tandasnya.

Acara pelantikan yang mengambil tema “Connect – Collaborate – Innovate” tersebut diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk sambutan dari para tokoh alumni dan pertunjukan seni budaya Indonesia.

Bangun Koneksi

Momen ini merupakan kesempatan bagi para alumni untuk berkumpul, berbagi pengalaman, dan membangun koneksi yang lebih erat. Dalam acara tersebut, sekaligus dirayakan HUT ke-7 ALPENINDO.

Baca Juga:  Jubir : Perintahnya Implementasi Program Pembangunan dan Kebijakan Pemprov Banten

Sejumlah tokoh alumni turut hadir di acara ini, antara lain Enggartiasto Lukita yang pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan era pemerintahan Jokowi – JK. Dalam kepengurusan ALPENINDO, Enggar diberi amanah sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Enggar turut memberikan masukan untuk kemajuan dan keberlangsungan ALPENINDO ke depan. “Ini saatnya alumni kita berbuat ya untuk sekolah kita. Saya bersyukur bahwa Ketum baru (Ariawan Gunadi) generasi muda dan kesibukannya sebagai profesor dan Ketua Yayasan Tarumanagara tetap terpanggil. Menurut saya, ini suatu kolaborasi yang baik sehingga kinerja mendapatkan pengawasan dan dukungan dari BPK Penabur,” ungkap Enggartiasto Lukita.

Enggar juga berpesan kepada kepengurusan ALPENINDO untuk menelurkan alumni yang kelak bisa menjadi pejabat publik seperti dirinya dulu.

“Jangan hanya saya lah. Karena lahan pengabdian kita banyak, dari sisi keilmuan katakanlah lulusan BPK Penabur memang tangguh, kita selalu dapatkan ranking satu. Sekarang titip tolong dong lahirkan pejabat publik. Inilah saatnya untuk melahirkan generasi muda,” tambahnya.

Baca Juga:  Hari Ini, DPRD Maluku Umumkan Panja Tim Penjaringan Calon PJ Gubernur

Sementara itu, dalam kesempatan sama Ketua Umum Yayasan BPK Penabur Adri Lazuardi mengajak para alumni Penabur untuk selalu membantu pada masyarakat yang membutuhkan.  

“Kita bekerjasama untuk beberapa hal yang penting. Bantu mereka yang membutuhkan kesejahteraan, mereka yang membutuhkan pelayanan kesehatan lebih baik, bantu kualitas pendidikan di Indonesia, bantu buka lapangan kerja yang lebih banyak, bantu wujudkan lingkungan hidup yang lebih baik dan bantu pencegahan stunting yang jadi sebuah persoalan bangsa. Kalau kita narasikan, kita akan sulit. Tapi jika alumni Penabur mau gotong royong, kita akan mampu lalukan semua itu,” ungkap Adri Lazuardi yang juga dipercaya sebagai Ketua Dewan Pengawas ALPENINDO.