Berbaur Bersama Ratusan Kaum Muda, Menpora Hadiri Festival Pemuda Indonesia 2023

JAKARTA, Indotimes.co.id – Ratusan kaum muda tumpah ruah menghadiri puncak Festival Pemuda Indonesia 2023, yang dihelat selama dua hari 14-15 Oktober 2023 di halaman Kantor Kementerian Pemuda dan (Kemenpora) Senayan, Jakarta. Puncak Festival Pemuda Indonesia 2023 ini rangkatan kegiatan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda (HSP) .yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober tiap tahunnya.

“Ini adalah festival kebudayaan Indonesia sebenarnya bagian dari rangkaian bulan pemuda,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga () Dito Ariotedjo, seusai menyaksikan acara puncak Festival Pemuda Indonesia 2023 di Kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Sabtu (14/10) petang.

Menpora mengapresiasi kehadiran pemuda khusus para , pada hari pertama Festival Pemuda Indonesia hari ini (Sabtu, 14 Oktober 2023). Menurutnya sekitar 5000 genertasi muda atau para hadir langsung di lapangan Kemenpora.

Baca Juga:  Pagelaran Wayang Kulit, Kapolri: Pelestarian Budaya Hingga Dekat dengan Masyarakat

Pada acara puncak tersebut, Kemenpora mendatangkan sejumlah musisi serta seniman tanah air, guna menyemarakan kegiatan ini. “Pasti yang paling ditunggu anak- ini adalah festival musiknya. Festival musiknya akan diselenggarakan dua hari dan di Kemenpora sengaja kami bikin di sini karena sesuai dengan semangat dari awal, kami jadikan Kemenpora ini memang rumahnya anak muda. Jadi ini semacam Kemenpora,” lanjut menteri termuda di jajaran saat ini (33 tahun).

“Allhamdulillah tadi hampir 5000 yang sudah turut serta menyaksikan berbagai performance di Kemenpora ini dan semoga ini bisa juga merajut silaturahmi antar sesama pemuda di semua elemen,” tandasnya.

Menpora juga berharap kegiatan serupa bisa terus berjalan untuk merajut kebersamaan antar-pemuda. “Harapan ke depan program seperti ini bisa kami turunkan lagi yang lebih spesifik karena saya rasa ini adalah program yang ringan sebatas silaturahmi, tapi nantinya kami ingin dari sini anak-anak muda yang terjangkau ini mau juga ikut program kami yang serius-serius,” imbuhnya.

Baca Juga:  Jusuf Kalla Tercecernya KTP-el di Bogor Tidak Perlu Dikhawatirkan Disalahgunakan

Menpora menambahkan, Kemenpora terus mendukung kegiatan kepemudaan di tanha air. Banyak kegiatan kepemdaan yang dilakukan oleh Kemenpora, diantaranya program ada kepemimpinan bagi para pemuda begitu juga dengan program pertukaran pemuda dengan negara lain.

“Kami ada program “Indonesian Dream” yaitu pertukaran pemuda dengan negara negara lain. Kami juga ada program Wirausaha ada kepemimpinan pemuda. Ini yang kami harapkan dengan pancingan seperti ini nantinya anak-anak muda ini juga mau mencoba pengalaman baru di Kemenpora yang kami coba modifikasi,” jelas Menpora pula.

Berbaur Bersama Ratusan Kaum Muda, Menpora Hadiri Festival Pemuda Indonesia 2023

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Pemuda Indonesia 2023, Alia Nur Ayu Laksono yang merupakan anak mantan Menpora Agung Laksono mengatakan bahwa selama Festival Pemuda Indonesia dari 10-15 Oktober 2023 menyelenggarakan Olahraga dan Olahraga Rekreasi.

“Sebanyak 45 OKP bergabung dengan jumlah 400 peserta dan kompetisi olahraga profesional dan tradisional telah digelar selesai hari ini, juga ada workshop, talkshow dan sisanya festival . Jadi penyelenggaraan Festival Pemuda Indonesia ini bertujuan menyatukan anak-anak muda dari semua lapisan masyarakat,” pungkas Alia.

Baca Juga:  IMC Seri 35 : Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Sumber Daya Kelautan Indonesia