Demi Terciptanya Perubahan, Desa Cihaurkuning Giat Lakukan Pembangunan Desa
Kepala Desa Cihaurkuning memberikan hibah kepada Yayasan di daerah sekitar, disaksikan oleh Camat Cisompet, Ibu Titin dan Kapolsek Cisompet

GARUT, Indotimes.ci.id – Pembangunan sarana prasarana umum di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, saat ini tengah digenjot untuk selalu diperbaiki menjadi lebih baik dan dapat dinikmati oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya soal pembangunan, pasalnya, Kepala Cihaurkuning M Taufik saat ini tengah fokus melakukan pembenahan dari berbagai sektor, mulai perbaikan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat maupun menanggulangi permasalahan kemiskinan.

Menurut Kepala Desa yang biasa disapa Opek ini, program utama pembangunan desa tersebut berlandaskan pada UU Desa No 6 tahun 2014 agar desa menjadi mandiri dan masyarakat menjadi sejahtera.

“Harapan Kami adalah Desa Cihaurkuning menjadi maju dan perekonomian masyarakat menjadi sejahtera, serta sumberdaya alam terus berkembang”, jelas Kepala Desa, M Taufik di kantor Kelurahan Cihaurkuning. Selasa (6/6/2017)

Menurutnya, pembangunan desa di wilayahnya selalu mengutamakan musyawarah dan mufakat dari berbagai lapisan masyarakat. Dengan begitu, aspirasi masyarakat dapat disalurkan dan pembangun berjalan secara merata di desa Cihaurkuning.

Baca Juga:  Lima Jurus Menangkal Penipuan Digital yang Kian Marak

“Saya berusaha keras melaksanakan pembenahan pemerintah desa dengan semangat otonomi desa dengan berupaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa atas dasar musyawarah dan mufakat dalam rangka mendukung pelaksanan pembangunan desa demi terserapnya yang bersumber dari APBD maupun ”, lanjut M Taufik

Lebih lanjut, M Taufik mengatakan untuk mengatur anggaran tahun 2017 dari Cihaurkuning, Kades Opek mengalokasikan tiga titik pembangunan jalan di kampung Cikadu Sengkedan, kampung Burujul Rancapala dan kampung Mekarsari.

“Di kp. Cikadu senggkedan pengecoran jalan dengan volume 235 m x lebar 3 m.  Kp Burujul Rancapala volume 175 m x lebar 2,5 m dengan angaran Rp. 184.853.000. Kp Mekarsari volume 285 m x lebar 2,5 m anggaran Rp. 132.730.000. Ditambah provinsi (Banprov) rehabilitasi kantor desa volume 11 x 8,5 m anggaran 150.000.000.”, kata M Taufik

Selain itu, Kades Opek mengatakan barang-barang bekas kantor desa seperti kayu, genting dan keramik yang masih layak pakai, dihibahkan kepada salah satu yang terletak di desa Cihaurkuning.  Pemberian hibah tersebut disaksikan oleh Camat Cisompet, Ibu Titin dan Kapolsek Cisompet.

Baca Juga:  Bertentangan UUD 45, Permen Gross Split Bakal Menuai Gugatan di PTUN

“Kebersamaan ini penting dilakukan, agar kegiatan gotong royong selalu terus terjaga dan terciptanya desa harapan”, tutup M Taufik.