TANJAB TIMUR, Indotimes.co.id – Kebakaran lahan milik penduduk sempat terjadi di Kelurahan Teluk Dawan Kecamatan Muara Sabak Barat Kabupaten berhasil dipadamkan.

Pada hari Kamis (5/9) sekira pukul 09.00 Wib, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan milik kelompok Alhamdulillah, tepatnya di RT 08 Kelurahan Teluk Dawan Kecamatan Muara Sabak Barat.

Menurut informasi dari Kapolsek Sabak Barat Ipda Sutrisno, sekitar pukul 08,30 WIB di lahan milik Kelompok Tani Alhamdulillah ada ditemukan titik api, adanya titik api di laporkan Eko, Ketua RT 08 Kelurahan Teluk Dawan kepada BKTM Teluk Dawan.

Begitu menerima laporan Kapolsek Muara Sabak Barat Ipda Nurhadi Sutrisno bersama personil langsung menuju ke lokasi titik api, untuk melakukan pemadam, dengan dibantu masyarakat, dengan dibantu dari pihak dan menggunakan alat berupa mesin Robin, Nozel dan 18 gulung selang dan dibantu water Bombing, akhirnya api dapat dipadamkan walaupun harus berjibaku melawan api dan kencangnya angin ditambah lagi minimnya sumber air di lokasi kebakaran. “Api dapat dipadamkan walaupun harus berjibaku,” ungkpnya.

Baca Juga:  BNI Java Jazz Siap Digelar Juni, Fariz RM hingga Vina Panduwinata Beri Penyegaran dalam JJOTM di Sarinah

Menurut Kapolsek, sudah diturunkan alat berat excavator untuk dilakukan pembuatan embung, agar memudahkan pengambilan air.

“Alhamdulillah api dapat dipadamkan dan saat sedang melakukan pendinginan,” ujar Kapolsek Muara Sabak Barat.

Menurut Kapolsek Muara Sabak Barat, diperkirakan lahan yang terbakar sekitar 2 hektare, lahan tersebut adalah lahan gambut, pihak Polsek Bersama dan Tim Karhutla akan melakukan patroli secara berjenjang.

Pendinginan

Komandan Kodim 0419/Tanjab Letkol Dwi Sutaryo, S.E., M. sebagai Komandan Satgas Karhutla di area Tanjung Jabung mengatakan, kebakaran yang terjadi di salah satu lahan penduduk tersebut tidak diketahui penyebabnya, dan musim kemarau berkepanjangan menambah sebaran kebakaran tersebut.

“Pada sore hari, kebakaran di lahan tersebut telah tertangani dengan baik oleh tim yang telah melakukan upaya pemadaman dan pendinginan, ditambah lagi dengan adanya hujan dengan intensitas sedang yang terjadi sore hari. Namun demikian, tim akan tetap melakukan pendinginan dan memastikan bahwa api telah benar-benar padam,” ujar Dwi.

Baca Juga:  Hari Kedua Masuk Kantor, Calon Penumpang KRL di Stasiun Bogor Menumpuk

Dwi berpesan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar dan mengapresiasi kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses pemadaman api.

Informasi terjadinya kebakaran tersebut disampaikan oleh Tim Seismik dari BGP – yang sedang melintas area tersebut untuk menuju lokasi Survei Seismik di Tanjung Jabung Timur.

Tim menemukan adanya kepulan asap dan segera mendatangkan tim kebakaran untuk memadamkan api. Satgas Karhutla Provinsi Jambi, termasuk di dalamnya TNI – Polri, Tim BPBD dan Pemadam Kebakaran Tanjung Jabung Timur, serta masyarakat segera berupaya memadamkan api tersebut, sehingga sebaran api dapat terkendali.