NUSA DUA,Indotimes.co.id – Petenis Inggris Max Basing meraih gelar pertamanya pada seri ketiga Amman Mineral Mens World Tennis Championshi 2024. Pada final yang berlangsung di National Tennis Center, Nusa Dua, Sabtu.(14/9), Basing menundukkan unggulan kedelapan asal Belgia, Tibo Colson lewat rubber set 6-3, 6-7(1), 6-4.

“Pertandingan yang sangat sulit. Aku sebenarnya punya banyak kesempatan untuk menyudahi di set kedua. Akan tetapi, Tibo bermain begitu ulet. Jadi, aku mesti bertahan sampai akhir betapa menyenangkannya aku bisa keluar sebagai juara,” ujar Basing seusai menyudahi laga dua setengah jam itu.

Basing menunjukkan kapasitasnya pada final kejuaraan resmi Federasi Tenis Internasional (ITF) level M25 . Hanya membukukan satu double fault, 21 tahun menggagalkan 75 persen (6/8) percobaan break. Sebaliknya, dia berhasil mengkonversi 4 dari 14 kesempatan break point.

Baca Juga:  BNI Beri Apresiasi Atlet pada Badminton Asia Junior Champhionship 2023

Perjuangannya pada ajang ini terbilang lancar. Urut dari babak pertama sampai semi final, Basing mengatasi petenis Taiwan, Hong-lin Fu, 6-2, 6-3; Sidhart Rawat (), 5-0 (ret); unggulan keempat asal Swis, Damien Wenger 6-1,1-6, 6-3.

“Ini tahun yang baik buatku. Aku mendapatkan banyak pengalaman tanding di level . Kembali mengikuti sirkuit profesional di Inggris dan di sini. Puas sekali rasanya bisa menutupnya dengan gelar juara,” ujar, peringkat 908 tunggal dunia itu.

Gelar yang direngkuhnya tersebut mampu menuntaskan dahaga Basing akan gelar di Pulau Dewata. Dalam dua pekan pertama, ia selalu takluk dari unggulan pertama tiap seri. Pada pekan pertama, ia harus puas berada di peringkat kedua usai takluk dari petenis Australia, Omar Jasika. Pada pekan kedua, ia dihentikan kompatriotnya, Jay Clarke, pada babak kedua.

“Aku akan beristirahat sebentar. Menikmati Bali untuk beberapa hari. Kemudian, aku akan kembali ke kampus di Stanford University, California () untuk setahun ke depan. Semoga aku bisa kembali ke lapangan ini pada tahun depan,” tandas Basing.

Baca Juga:  Presiden FIDE Asia Buka JAPFA Chess Festival ke-14 2024

Kejuaraan yang disponsori Amman Mineral ini masih menyisakan satu seri kejuaraan berlevel M15, 16-21 September. Peringkat 343 tunggal dunia dari Negeri Kangguru, Blake Ellis, menjadi unggulan pertama seri penutup ini.