Asia Zone 3.3 Championships 2023: Irene Bangkit Kejar Poin, Novendra Mulai Menyodok

JAKARTA, Indotimes.co.id – Memasuki babak kelima Asia Zone 3.3 Championships 2023, yang berlangsung di Atlet Century Park Senayan, Selasa (9/5) persaingan kian seru. Para pecatur andalan mulai menuai asa.

Pada kelompok putri, IM Irene Kharisma Sukandar (2390) kembali bangkit, setelah memetik kemenangan atas pecatur Vietnam Nguyen Thi Mai Hung (2193).

Tampil dengan bidak hitam, Irema menutup perlawanan tersebut pada langkah ke-64 pembukaan catalan. Hasil menambah torehan poin Irene menjadi 3,5 setelah sempat tertahan di babak keempat dengan poin 2,5.

Hasil babak kelima ini membuat peringkat Irene naik ke posisi ketiga peringkat sementara dengan raihan 3,5 poin, dibawah pecatur Mongolia, IM Batkhuyag Munguntuul (2408) yang telah mengemas 4 poin, disusul pecatur Vietnam, WGM Vo Thi Kim Phung dengan 3,5 poin.

Batkhuyag memimpin klasesmen, setelah di babak kelima harus bermain remis dengan Vo Thi Kim Phung.

Baca Juga:  Erick Thohir Bangga Prestasi Eko Yuli di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2018

Sementara itu pecatur putri Indonesia lainya. IM Medina Warda Aulia (2369), gagal memetik kemenangan setelah dipaksa mengakui keunggulan pecatur Vietnam, WGM Huang Thi Bao Tram (2277). Hasil ini membuat Medina terlempar keperingkat ke-12, dengan torehan 2,5 poin. Sebelumnya Medina menampati peringkat 6.

Sedang pecatur putri masa depan Indonesia, yang sempat menempati peringkat 5 di babak keempat, Laysa Latifah (2017) turun ke peringkat ke-6 klasemen sementara, setelah dibabak kelima harus bermain remis dengan pecatur Vietnam WGM Nguyen Thi Thanh An (2252).

GM Susanto Megaranto Tertahan

Pada kelompok putra, pecatur andalan Indonesia, GM Susanto Megaranto (2523) kembali gagal memetik kemenangan pada pertandingan babak kelima, setelah dikalahkan rekan senegaranya, GM Novendra Priasmono (2504).

Seusai pertandingan, Susanto mengakui kegagalanya meraih kemenangan, karena kelengahannya, yang memaksa bermain remis dengan Novendra.

Hasil ini membuat posisi Susanto melorot ke peringkat ke-7 klasemen sementara dari peringkat ketiga di babak sebelumnya. Susanto baru mengemas 3 poin. Sebaliknya peringkat Novendra menyodok ke posisi keempat dengan torehan 3,5 poin, dari peringkat ke-8 di babak keempat.

Baca Juga:  Hasil Undian Piala AFC U-19, Indonesia Gabung Grup A

Hingga babak kelima, Selasa (9/5), pecatur Mongolia, GM Bilguun Sumiya (2474) memimpin klasemsn sementara Asia Zone 3.3 Championships 2023, dengan 4,5 poin, disusul pecatur , GM Tin Jingyao (2576) dengan 4 poin, serta pecatur Vietnam,GM Le Tuan Minh (2542) dengan 3,5 poin.