JAKARTA, Indotimes.co.id – Pertandingan antara Bali United melawan PSS Sleman dipastikan menjadi laga pembuka Kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 yang akan digelar di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Bali pafa 1 Juli 2023 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus, terkait hasil Manager’s Meeting BRI Liga 1 2023-2024, yang berlangsung di Hotel Sultan Jakarta, Senin (26/6) malam.

Menurut Ferry salah satu pembahasan dalam Manager’s Meeting Liga 1 2023-2024, diantaranya laga pembuka, yang akhir diputuskan pada pertandingan antara tuan rumah Bali United melawan PSS Sleman sebagai laga pembuka Liga 1 musim ini.

Manager’s meeting BRI Liga 1 2023-2024 diikuti 18 klub peserta, membahas berbagai persiapan jelang digulirkan kompetisi sepakbola kasta tertunggi di Indonesia itu.

Ferry menjelaskan putusan ini berbeda dengan jadwal yang disampaikan pada draf awal, yang mana sebelumnya pertandingan Persija Jakarta melawans PSM Makassar akan menjadi laga pembuka di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan Jakarta.

Baca Juga:  Menpora Kick Off Program SMASH dan WiraMuda Academy

“Ya memang kalau di draf awal kita tetapkan laga pembuka itu Persija lawan PSM Makassar, namanya juga draf ya,” ungkap Ferry pula.

Ferry menambahkan, selain membahas laga pembuka Liga 1, dalam pertemuan tersebut seluruh klub peserta juga menyetujui

Lebih lanjut Ferry juga menjelaskan kompetia Liga 1 efektif berlangsung terhitung 1 Juli 2023 dan berakhir pada 26 Mei 2024, dimana pada musim ini akan ada Championship Series usai 34 pekan pertandingan berlangsung.

Champions Series ini akan diikuti oleh empat klub teratas dalam klasemen akhir Liga 12023/2024. “Empat tim itu nanti akan memperebutkan juara pertama, peringkat kedua, dan peringkat ketiga di Champions Series.”

Dijelaskan Ferry, hasil dari Champions Series ini akan menjadi cikal bakal menentukan slot di Liga Champions Asia dan Piala AFC Cup musim depan.

Juga dibahas soal jam kick off pertandingan di Liga 1 2023/2024, yaitu untuk musim ini kick off pertandingan hanya digelar pukul 15.00 WIB dan 19.00 WIB. Berbanding dengan musim lalu, dimana ada ada tiga jam kick off yakni 15.30 WIB, 18.30 WIB, dan 20.30 WIB. “Semua klub sudah sepakat tidak ada lagi jam kick off pertandingan di pukul 20.30 WIB. Pertandingan malam hanya ada saat bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Piala BJC Junior 2022: Indonesia Terlempar dari 10 Besar

Hal ini disepakati atas pertimbangan kepada sisi komersial yang diharapkan oleh TV Broadcaster. Selain kesepakatan dengan pihak kepolisian untuk jam kick off pertandingan .” kata Ferry Paulus.

Selain itu, dalam pertemuan juga sepakati, bahwa dalam Liga 1 2023/2024 nanti, suporter tim tamu tidak boleh datang. Informasi ini sudah disampaikan sejak beberapa waktu yang lalu ke seluruh klub peserta.

“Klub sudah menyampaikan adanya kemungkinan lain-lain apabila ada suporter tamu datang, lalu kami juga sudah pikirkan untuk mencari jalan keluar. “Salah satunya penjualan tiket klub harus online agar penonton yang hadir bisa diketahui dari mana asalnya,” tandas Ferry Paulus.