JEMBER, Indotimes.co.id – Petenis andalan yang unggulan teratas tunggal putera, berhasil melaju ke babak perdelapan final ajang Detec International Junior Championship 2024.

Bertanding di lapangan tenis outdoor GOR PKPSO Kaliwates, , Jawa Timur, Selasa (14/5), Aldhito Ramadhan Dwi Kurniawan Rafalentino Ali Da Costa mampu menyingkirkan kompatriotnya pada babak kedua turnamen junior internasional itu.

Unggulan teratas, Aldhito yang berperingkat 639 ITF Junior menang atas Eric Matthew Gunawan 6-1, 6-3. Sedangan Falen, seeded kedua unggul atas Joseph Owen Lauw 6-4, 6-4.

“Match hari ini, saya sudah bermain aggressive, smart dan consistent,” ujar Aldhito yang telah mengoleksi empat gelar juara turnamen ITF Junior ini.

Pada perdelapan final, Rabu (15/5), kedua Merah Putih itu bakal terlibat duel kawasan , meladeni petenis asal Thailand. Aldhito melawan unggulan ke-15, Kanthat Surarityotin yang menang atas wild card tuan rumah, Dwi Ade Rahmantoro 6-2, 6-2. Falen akan berjibaku dengan Thamma Kosiri yang sukses menghentikan unggulan ke-16, Razan Dhawy Atmaja (Indonesia) 6-4, 7-5.

Baca Juga:  INASPOC Luncurkan Logo ASEAN Para Games  XI  2022 Solo

“Besok ketemu Thailand masih sama seperti hari dan lebih percaya diri lagi,” tutur atlet binaan Deddy Tennis Club (Detec) ini.

Wakil Indonesia lainnya, Joachim Mika Gunawan juga melangkah ke 16 Besar. Unggulan kesembilan itu memenangi duel senegara atas Rafa Jeconiah Verdasco Mangunsong 7-5, 6-2.

Mika akan menantang seeded ketujuh asal Thailand, Teetawat Tarachphongsri yang menang atas Zachary Sng dari Singapura, 6-4, 6-2.

Sementara itu, non-seeded Raphael Rio Suryana berhasil membuat kejutan dengan menyingkirkan unggulan ke-12, Thanatip Poti (Thailand) melalui rubber set 3-6 6-4 6-2.

Raphael bakal terlibat duel seklub, Kentoeng Tennis Academy (Jawa Tengah) menghadapi seeded kedelapan M. Akmal Junaini yang menyisihkan Tyaga Hijrah Katilu 6-7(4), 6-1, 6-2.

Penerima fasilitas wild card tuan rumah, Mouressi Urwah Muqorrib juga sukses menjejak perdelapan final. tim Piala Davis Junior Indonesia itu mengempaskan seeded ke-10, Ethan Matthew Koh (Singapura) 6-1 6-3.

Baca Juga:  Federasi Hockey Indonesia Resmi Jadi Provisional Member FIH, Sejarah Baru Hockey Indonesia Dimulai

Pada perdelapan final, Mouressi akan menantang rekan senegara yang diunggulkan di tempat kelima, Jahfal Munakanahaya yang mengalahkan petenis Thailand, Narathip Rueangsri 6-1, 6-0.

Selain nomor tunggal, kejuaraan internasional yang baru pertama berlangsung di Jember ini juga menggelar nomor ganda. Pasangan Indonesia, Aldhito Ramadhan /Rafalentino Da Costa menempati unggulan teratas kelompok putra, sedangkan duet Anjali Kirana /Shinar Zahra menjadi seeded pertama putri.