Dibuka Menpora, Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 Diharapkan Terus Lahirkan Atlet Berprestasi

JAKARTA, Indotimes.co.id – Menteri Indonesia () Dito Ariotedjo berharap
gelaran Catur JAPFA Year End 2023 akan melahirkan atlet-atlet untuk membesarkan nama bangsa Indonesia diberbagai ajang internasional.

Hal tersebut disampaikan Menpora saat menghadiri pembukaan Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 di Wisma Kemenpora, Senayan, , Sabtu (16/12) siang.

“Acara turnamen sangat baik dimana tujuan utamanya adalah meningkatkan Indonesia khususnya di cabor catur. Di turnamen ini saya melihat banyak sekali para pesertanya dari mulai senior, junior, U-12 dan yang paling muda U-10,” katanya.

Menpora menambahkan pembinaan prestasi catur di Indonesia perlu terus dilakukan dengan harapan prestasi Indonesia di cabor catur terus meningkat. “Karena itu, saya menyampaikan apresiasi kepada PB Percasi yang dengan konsisten selalu mendorong kegiatan-kegiatan perlombaan catur,” urainya.

“Dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk JAPFA yang selalu peduli dan juga konsisten mendukung dan mengelar pertandingan catur.
Hal ini artinya dari private sektor di mana kontribusi pengembangan olahraga, nampaknya PT. JAPFA sangat berkontribusi dalam mendukung PB Percasi untuk memajukan cabor catur di Indonesia,” tandasnya.

Baca Juga:  Medco Power Indonesia International Tennis Championshipships: Langkah Rifqi Terhenti, Bekal Berharga ke Vietnam

Karenanya Kemenpora, lanjut Menpora akan selalu mendukung perkembangan cabor catur terlebih untuk pembinaan dan di usia dini. Karena dengan bermain catur sejak dini akan membentuk pola berpikir dan logika generasi muda Indonesia.

Turnamen JAPFA Year End 2023 diikuti sekitar 401 peserta yang berasal dari 18 Provinsi di Indonesia. Turnamen ini terbagi 5 kategori yang terdiri dari katagori Open yang diikuti sekitar 226 pemain.

Katagori Putra kelompok U-12 yang dikuti sekitar 79 pemain. Katagori Putra kelompok U-16 diikuti sebanyak 46 pemain. Katagori Putri kelompok U-12 diikuti sekitar 21 pemain dan katagori Putri kelompok U-16 diikuti sekitar 19 pemain.