Fathur Gustafian Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

JAKARTA, Indotimes.co.id – Atlet menembak Fathur Gustafian akhirnya meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Kepastian itu dicapai setelah, ia finis di peringkat empat pada final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024 yang berlangsung di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu (10/1).

Dengan demikian, Fathur menjadi atlet menembak pertama Indonesia yang maju ke Olimpiade Paris pada Juli 2024 mendatang.

“Hari ini luar biasa bagi saya, di luar ekspektasi. Saya sebenarnya masih ada peluang besok, cuma hari ini alhamdulillah sudah dikasih rezeki, dikasih tiket untuk berangkat Olimpiade,” kata Fathur seusai lomba.

Di babak final nomor 10 meter Air Rifle Putra senior Asian Rifle/Pistol Championship 2024, Fathur sempat memimpin pertandingan setelah lima kali tembakan dengan skor 52,5, mengalahkan wakil India Arjun Babuta yang mengumpulkan skor 52,4 dan wakil China Shihan Ma yang memperoleh skor 52.

Baca Juga:  Ribuan Seniman Terbaik Indonesia Unjuk Gigi di Upacara Pembukaan Asian Games 2018

Selama pertandingan, Fathur bersaing sengit dengan wakil-wakil negara lain. Ia pun finis di posisi empat dengan mengumpulkan skor 208,3.

Sementara medali emas nomor ini diraih penembak China, Shihan Ma yang mengumpulkan 230,2 poin. Perak diraih penembak Korea Selatan, Cho Dae-han yang meraih poin 229,9 poin. Sementara perunggu diraih penembak India, Rudrankksh Patil yang mengumpulkan 228,7 poin.

Cho Dae-han dan Fathur berkesempatan melaju ke Olimpiade Paris sebab China telah memenuhi kuota dengan mengamankan tiket lebih dulu melalui Sheng Lihao di World Rifle & Pistol Championship 2022 dan Yang Haoran di World Championship 2023.

Kemudian peraih perunggu, Rudrankksh Patil, juga telah mengamankan tiket Olimpiade Paris di ajang World Rifle & Pistol Championship 2022 lalu.

Oleh karena itu, dua tiket ke Paris 2024 nomor 10m air rifle putra diwariskan ke wakil Korsel dan Indonesia tersebut.

Baca Juga:  Perebutan Sabuk Interim Kelas Featherweight,  Pertarungan  Seru di OnePride FN 50

Lomba menembak Asian Rifle/Pistol Championship 2024 akan berlangsung hingga 18 Januari mendatang.

Lomba ini mempertandingkan delapan nomor, yang masing-masing memiliki dua kuota untuk Olimpiade Paris 2024.

Kedelapan nomor pertandingan tersebut yakni 10 meter (m) Air Rifle Men, 10m Air Pistol Men, 50m Rifle 3 Positions Men, Rapid Fire Pistol Men, 10m Air Rifle Women, 10m Air Pistol Women, 50m Rifle 3 Positions Women, serta 25m Pistol Women.

Tuan rumah Indonesia masih memiliki kesempatan menambah atlet menembaknya, untuk lolos kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Sebelumnya Indonesia telah telah memastikan lima atletnya tampil di Olimpiade Paris 2024, setelah lolos kualifikasi. Kelimanya adalah, Arif Dwi Pangestu (panahan), Diananda Choirunisa (panahan), Rifda Irfanaluthfi (senam), Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing) dan Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing).

Dengan lolosnya Fathur, jumlah atlet Indonesia yang berhak tampil di Olimpiade Paris 2024, bertambah menjadi 6 atlet. Jumlah itu diharapkan akan bertambah dalam beberapa hari kedepan, dari cabang menembak, mengingat ajang lomba Asian Rifle/Pistol Championship 2024 masih berlangsung hingga pekan depan.

Baca Juga:  BNI Mobile Banking Berhasil Jaga Momentum Pertumbuhan di Era Digital