JAKARTA, Indotimes.co.id – Timnas Basket U-18 membuka perjalanan di FIBA U18 Asia Cup SEABA Qualifiers 2024 dengan manis. Anak asuh Coach Andrie Ekayana itu mengatasi perlawanan Thailand dengan skor 70-56, di MABA Stadium, Kuala Lumpur, , Jumat (19/7).

Tanda-tanda kemenangan sudah tampak sejak awal laga. setelah permainan agresif Timnas Basket membuahkan hasil di menit-menit awal kuarter pertama.

Timnas Basket U-18 yang tampil prima di awal pertandingan, langsung memimpin 5-0 melalui tembakan 2 angka Kennie Elbert Kristanto. Kemudian disusul 2 free throw dari I Nyoman Aldo Dharma Yudha serta satu dari Halmaheranno Aprianto.

Mesin permainan Timnas Basket U-18 yang panas sejak menit awal ini, membuat Indonesia menutup kuarter pertama dengan kemenangan 23-9.

Dominasi Indonesia berlanjut pada kuarter kedua. Agresifitas permainan akurasi yang terjaga membuat Timnas Basket U-18 menutup game kedua dengan skor kemenangan 45-27.

Baca Juga:  Nassau Thamrin Cup 2022: Maula, Fakhri & Gwen Borong Gelar

Usai turun minum, pemain Timnas Basket U-18 kembali tampil spartan. Mereka sukses menambah 15 poin di kuarter ini sehingga menutup kuarter ketiga dengan kedudukan 60-37.

Thailand berusaha mengejar defisit poin di kuarter keempat. Mereka membuka keran poin melalui dua angka dari driving layup dan free throw Teechakorn Prakaylerdluk.

Situasi ini langsung direspons oleh I Nyoman Aldo Dharma Yudha dengan tembakan dua angka. Kedudukan sementara menjadi 62-40. Di kuarter keempat ini, Thailand mampu menambah 19 poin, sementara Indonesia 10 angka. Namun Indonesia tetap unggul di akhir laga dengan kedudukan 70-56.

Usai pertandingan, Pelatih Timnas Basket U-18 Andrie Ekayana mengaku senang dengan permainan anak asuhnya. Mereka bermain sebagaimana yang diinstruksikan.

“Anak-anak bermain bagus, sesuai instruksi. Hanya saja memang masih harus ada yang dibenahi, terutama masalah konsistensi,” terang Coach Yayan, sapaan karib Andrie Ekayana.

Baca Juga:  PT LIB Siapkan Sanksi Peserta Kompetisi yang Langgar Prokes

Coach Yayan mengingatkan para pemain untuk menjaga konsistensi di dua pertandingan sisa. Ini karena lawan di dua pertandingan lainnya berat.

Indonesia akan melawan Malaysia Sabtu (20/7). Malaysia merupakan tuan rumah. Di saat yang sama, mereka baru saja mengalami kekalahan atas Filipina.

Situasi itu tentu membuat Malaysia akan menaikkan perlawanan terhadap Indonesia di laga nanti. Sebagai tuan rumah tentu Malaysia akan berusaha menjaga peluang ke Yordania bermain di FIBA U18 Asia Cup 2024.

Kemudian pada tanggal 21 Juli 2024, Indonesia akan menghadapi Filipina. Filipina merupakan tim favorit di ajang ini.

“Menghadapi Malaysia, para pemain harus lebih konsisten dalam mempertahankan ritme pertandingan. Anak-anak juga tidak boleh kehilangan fokus,” ujar Yayan.

“Dari pertandingan ini, evaluasinya ya dua hal itu harus ditingkatkan agar bisa menaklukkan game selanjutnya,” ttandas Coach Yayan.

Baca Juga:  Edgar dan Harris Raih Emas Kedua Sirnas Wushu Taolu Seri I/2021