JAKARTA, Indotimes.co.id – Federasi Barongsai Indonesia (FOBI) akan menggelar kejuaraan barongsai Internasional memperebutkan Piala Presiden, bertajuk “Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024” yang akan berlangsung. pada 17 -19 Mei 2024 di Britama Arena, Gading Jakarta Utara.

Ketua Umum FOBI Edy Kusuma, dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (17/4) mengatakan kejuaraan Barongsai Dunia melibatkan tak kurang dari 10 negara dengan jumlah peserta sekitar 550 atlet.

“Event akbar yang bertajuk ‘Piala Presiden: First FOBI World Lion and Dragon Dance Championship 2024’ ini merupakan pagelaran yang pertama diselenggarakan FOBI sejak diterima sebagai KONI” ujar Edy Kusuma yang didampingi Sekjen Sekjen PB FOBI Arifin Himawan Ketua Panitia Hasan Karman.

Menurut Edy Kusuma, klub-klub barongsai mancanegara yang diundang adalah team-team jawara di negerinya.

Baca Juga:  Olimpiade Catur 2024 di Budapest: Indonesia Turunkan Kolaborasi Tim Junior dan Senior

“Jadi sudah dapat dipastikan kejuaraan ini pasti akan seru dan menarik. Ada 3 jenis cabang olahraga ini yang dipertandingkan. Kelompok pertama yang akan memperebutkan Piala Presiden adalah Barongsai (Southern Lion Dance), kelompok kedua adalah Pekingsai (Northern Lion Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri dan Olahraga, serta kelompok ketiga adalah Naga (Dragon Dance) yang akan memperebutkan Piala Menteri Pertahanan,” jelas Edy Kusuma.

Edy Kusuma menambahkan agar pagelaran akbar ini dapat terselenggara dengan sukses, Panitia telah mengadakan pelbagai persiapan, termasuk antar jemput para atlet mancanegara dan segala keperluan akomodasi mereka sejak datang dan kembali ke negaranya.

Begitu juga pelayanan yang sama juga diberikan kepada para atlet nasional Indonesia. Semua upaya ini diberikan untuk menciptakan suasana dan kenyamanan bagi para atlet yang akan bertarung.

Demikian juga dengan para juri yang akan memimpin kejuaraan. Mereka adalah para juri berpengalaman yang diundang dari beberapa negara dan memiliki sertifikat juri internasional sehingga layak untuk memberikan nilai kepada setiap tim yang bertanding. Dengan demikian kualitas dan level kejuaraan ini dapat dipastikan sangat bergengsi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Berikan Apresiasi dan Penghargaan  Atlet Paralimpiade Tokyo 2020

Kejuaraan ini akan disiarkan secara langsung oleh TVRI Sport. Untuk masyarakat yang antusias untuk menonton langsung kejuaraan internasional ini bisa memesan tiket melalui platform loket.com.

Sebagaimana diketahui
FOBI didirikan pada tanggal 9 Agustus 2012 oleh 5 organisasi Barongsai dan Naga (Lion and Dragon Dance) yang telah lama ada di Indonesia.

FOBI resmi diterima sebagai salah satu Cabang Olahraga prestasi di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat pada tanggal 20-22 Februari 2013.

Kini  FOBI memiliki pengurus di 27 provinsi dari 38 provinsi Indonesia. Total klub/sasana Barongsai yang ada di seluruh Indonesia jumlahnya diperkirakan ada sekitar 500 klub.

Diantaranya sekitar 300 klub/sasana di tingkat provinsi maupun kota/kabupaten sudah menjadi anggota FOBI dan masih terus bertambah dengan bergabungnya klub yang masih berada diluar FOBI.

Berdasarkan kartu anggota FOBI yang terdaftar, jumlah atlet FOBI yang ada dan aktif di 27 provinsi tersebut jumlahnya tidak kurang dari 2.000 personil.

Baca Juga:  BNP Paribas Open 2023 : Aldila Terhenti di Semifinal

Dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di – Sumatera Utara yang rencana akan diselenggarakan pada bulan September 2024 mendatang, cabang olahraga Barongsai akan dipertandingkan untuk pertama kalinya dalam Olahraga Indonesia.