IM Medina Warda Aulia Juarai JAPFA Year End 2023

JAKARTA, Indotimes.co.id – Pecatur putri andalan IM Medina Warda Aulia (2332) tampil sebagai juara kategori Duel Match Catur JAPFA Year End 2023 yang berakhir Minggu (17/12) sore, di Wisma , Senayan, .

Medina mampu mengumpulkan 3,5 poin unggul atas WGM Dewi AA Citra yang mengemas 2,5 poin dari 6 babak yang dipertandingkan.

“Saya sempat grogi. Tadi sebenarnya kalah buat saya, tapi karena Dewi AA Citra membuat blunder sedikit, akhirnya pertandingan berakhir remis,” kata Medina.

Medina mengatakan pada 2024 mendatang, dirinya fokus akan meningkatkan rating dengan mengikuti sejumlah turnamen di luar negeri. “Tahun 2024, saya fokus menaikkan rating dengan mengikuti sejumlah turnamen di luar negeri. Saya juga ingin meraih norma grand master putra,” jelas Medina.

Sementara itu sejumlah kejutan terjadi pada ajang Turnamen Catur JAPFA Year End 2023 yang menyediakan hadiah total Rp73.400.000.

Baca Juga:  Soul Parking ITF Junior World Tennis Tour J60: Aldhito Ukir Rekor Pribadi

“Turnamen JAPFA Year End 2023 memunculkan banyak kejutan di aba pecatur non titel, Asonaji dari Cilegon mampu meraih peringkat kedua. Begitu juga pecatur dari Sulawesi Tengah, Zacky Dhiaulhaq mampu menempatimoetingkat ketiga, menembus dominasi pecatur dari Pulau Jawa,” ujar Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto, saat menutup turnamen.

“Selamat buat Percasi Cilegon () Percasi Sulteng,” tambah Utut.

Selain Asonaji di katagori Open, pecatur asal Cilegon lainnya yang sukses menjadi juara di turnamen adalah, Alisha Bastrisyia Aimy Mutofa yang menjadi juara katagori U-12 Putri. Begitu juga
Putri Hajarisma (Runner Up U-16 Putri), dan Reynard Christopher (Juara U-16 Putra).

“Sebaran pecatur semakin banyak. Ini sangat bagus untuk perkembangan catur kita. Ke depan, PB Percasi akan membuat Turnamen FIDE Rating setiap tiga bulan sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut Utut mengatakan, pada 2024 mendatang, para pecatur dihadapkan pada dua momen yang digelar hampir bersamaan waktunya, yakni Pekan Nasional (PON) dan Olimpiade Catur.

Baca Juga:  Jelang Laga Lanjutan IBL 2022, Dewa United Terus Genjot Persiapan

“PB Percasi tak akan melarang pecaturnya bertanding di PON. Percasi memahami para pecatur berkesempatan mencari uang di PON. Untuk Olimpiade, Percasi akan mempersiapkan pecatur junior dan pecatur senior terbaiknya,” tandas Utut.

Berikutnya ini juara pada Turnamen Catur JAPFA Year End 2023.

Katagori Duel Match :
1. Medina Warda Aulia (3,5)
2. Dwi AA Citra (2,5)

Katagori Open :
1. IM Gilbert Elroy (8)
2. Asonaji. (8)
3. NM Zacky Dhiaulhaq (7,5)

Katagori U-12 putri:
1. Alisha Batrisyia Aimy Mutofa (8)
2. Yukiko Charita Putri Purnomo (7,5)
3. Danesh Syauqina Putri (7)

Katagori U-12 putra :
1. Almagro Hasian Gultom (8)
2. M. Abdillah Fatih Winartha (7,5)
3.Imanuel Martogi (7)

Katagori U-16 putri :
1. Armenia Zendy Purwanto (7,5)
2. Putri Hajarisma Az-Zahra (7)
3. Adinda Cantika Chelsea. (6,5)

Baca Juga:  Pelatih Hungaria, Beri Pelatihan Pemain Klub  Teqball SMPN 111 Jakarta

Katagori U-16 putra :
1. Reynard Kristopher (7,5)
2. M. Ilham Rizky Maulana BM (7)
3. CM Fabian Glen Mariano (7).

.