JAKARTA, Indotimes.co.id – Kompetisi Pengadaian Liga 2 2024/2025 secara resmi mulai bergulir pada 7 September 2024 mendatang, ditandai dengan laga pembuka anatar Persibo Bojonegoro melawan Gresik United di Stadion Letjen H Soedirman, Bojonegoro, Jawa Timur.

Presemian bergulirnya Pegadaian Liga 2 dilakukan oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Direktur Utama Pengadaian Damar Latri Setiawan dan Direktur Utama PT LIB. Ferry Paulus, di The Gage Tower, Jakarta Pusat, Selasa (3/9).

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut baik bergulirnya Pengadaian Liga 2 musim 2024/2025, menurutnya dengan dukungan kembali dari Pengadaian pada musim keduanya ini, menunjukan bahwa adanya kemajuan yang dicapai pada gelaran Pengadaian Liga 2 musim lalu.

“Kita sekarang mendorong sepak bola kita tidak cuma timnasnya saja. Perlu diingat membangun timnas perlu investasi liga dibawah-bawahnya. Alhamdulillah Liga 1 sudah ada VAR sampai wasit asing. Sekarang liga dua berlanjut. Perlu setahun dua tahun untik menstabilkan liga dua,” ujar Erick Thohir.

Baca Juga:  Terima PSAI, Presiden Jokowi Senang atas Prestasi Timnas Sepak Bola Amputasi Lolos ke Piala Dunia

“Namun ada terobosan baru berupa pemain timnas di bawah U-21 harus dimainkan pada Pegadaian Liga 2.”Mungkin tahun depan Pengadaian Liga 2 baru pakai VAR tapi cashflow harus bagus dulu. Saya berharap profesionalisme,” tandas Erick.

Direktur Utama Pengadaian, Damar Latri Setiawan menjelaskan pihaknya memilih lanjut menjadi sponsor Liga 2 setelah sukses musim lalu. Pengadaian merasakan dampak positif dari mensponsori kompetisi kasta kedua di Indonesia tersebut.

“Dampak dari Liga 2 itu banyak. Karena Liga 2 ini kelasnya dibawah Liga 1, banyak daerahnya itu cocok dengan Pengadaian Liga 2. Dimana ada Liga 2, disitu ada pengadaian,” kata Damar.

Selain itu, lanjut Damar, pengadaian sangat dekat dengan masyarakat kecil dan UMKM. Karenanya setiap pertandingan kita kerahin UMKM, untuk terlibat langsung dalam setiap pertandingan Pegadaan Liga 2.

Sementara itu Dirut PT LIB, Ferry Paulus menambahkan pada Pegadaian Liga 2 musim ini jumlah pertandingannya meningkat dibandingkan musim sebelumnya.

Baca Juga:  Raja Ampat Sambut Kirab Obor Asian Games 2018

Menurutnya ada 291 pertandingan yang akan digelar dari awal hingga akhir musim. Mayoritas dari pertandingan itu akan disiarkan langsung di Indosiar dan Vidio. “Musim ini pertandingan di Pegadaian Liga 2 ada 291, meningkat 20 persen,” ujar Ferry Paulus.

Ditambahkanya Pegadaian Liga 2 2024/2025 diikuti 26 tim. Menariknya, jumlah itu lebih sedikit dari musim lalu yang mencapai 28 kontestan. “Musim ini ada 26 tim yang ikut serta di Pegadaian Liga 2, lebih sedikit dari musim lalu yang mencapai 28 tim. Namun, jumlah pertandingannya lebih banyak,” ungkap Ferry.

Dijelaskannya dari 26 tim peserta akan berebut tiga tiket promosi ke BRI Liga 1 musim depan. Sementara Sembilan tim terbawah harus menghindari dari jurang terdegradasi ke Liga 3.