JAKARTA, Indotimes.co.id – Penantian panjang insan sepakbola nasional, akan bergulirkan kompetisi sepakbola di tanah air, paska pandemi covid-19, akhirnya terwujud, menyusul keluarnya izin resmi dari pihak Kepolisian Republik (Polri) untuk Kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Izin resmi Polri untuk ajang Liga 1 dan Liga 2 diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit kepada Menteri dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, di Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (31/5) sore.

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan bahwa sebagaimana Turnamen Pra Musim Piala Menpora, permohonan izin Kompetisi Liga 1-2 Tahun 2021/2021, juga diawali dengan rapat koordinasi antara , PSSI, LIB, Kepolisian, , Satgas Covid-19, .

Menurutnya, setelah paparan kesemuanya dinilai mencukupi semua, izin diajukan ke pihak Kepolisian yang berwenang memberikan izin keramaian, akhirnya dapat dikeluarkan.

“Hari kedatangan saya ke Mabes Polri dalam rangka meneruskan permohonan izin Kompetisi Sepakbola Liga 1-2 Tahun 2021/2022. Sebagaimana Turnamen Pra Musim, sebelum menyampaikan izin kami gelar rakor, dan mendengarkan semua paparan tentang kompetensi yang akan dimulai Juli 2021 dan berakhir 2022,” kata Zainudin.

Baca Juga:  INASGOC Rangkul Humas Polri Gemakan Asian Games 2018 

Ditambahkannya ada hal penting yang dipersiapkan yaitu tentang penerapan Protokol , mengingat masih dalam situasi pandemi dan siapapun termasuk stakeholder sepakbola harus mendukung penuh upaya pemerintah menghentikan laju penularan Covid-19.

“Penyelenggaraan kompetisi ini berbeda dengan kondisi normal. Jika disaat normal dengan sistem home-away bisa bermain di tempat sendiri dan lawan, sekarang dengan sistem bubble di pusatkan di Pulau Jawa dengan beberapa klaster kota, ini yang menyakini bahwa apa yang direncanakan telah memenuhi syarat dan diajukan kepada Bapak Kapolri,” lanjutnya.

Sementara Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, mengatakan setelah menerima surat permohonan tentang penyelenggaraan Liga 1 dan Liga-2. Dan menerima serangkaian diskusi yang telah dilakukan termasuk dengan Menpora hari ini, izin untuk Liga 1 dan Liga 2 dapat dikeluarkan.

“Saya sudah menerima permohonan izin tentang Liga 1dan Liga 2 dan sudah dilakukan serangkaian diskusi dengan melandaskan pada evaluasi pelaksanaan Turnamen Pra Musim Piala Menpora waktu itu,” kata Kapolri.
Menyinggung apakah sudah bisa dengan kehadiran penonton secara langsung meski dengan protokol kesehatan ketat, Kapolri menjelaskan akan melihat perkembangan.

Baca Juga:  Kandaskan Persita 3-1, Persib Pimpin Klasemen Grup D

“Masih di bulan Juli, kita lihat perkembangan angka perkembangan covid apakah menurun atau naik usai liburan ini, masih dipantau. Yang penting lagi adalah dalam perjalanan kompetisi akan selalu dievaluasi, maka bagi para pecinta klub/tim tetap jaga aturan karena akan mempengaruhi tim kesayangannya,” pungkasnya.