BUDAPEST, Indotimes.co.id – Tim ‘Merah Putih’ kembali menuai kemenangan pada Catur 2024 di Budapest Hungaria. Di hari ke-3 pertandingan para pecatur membukukan hasil yang menggembirakan.

Tim putri tampil meyakinkan menundukan Hongkong dengan poin 2 1/2 : 1 1/2 , sedangkan tim putra tak terlalu kerpotan untuk melibas Namibia dengan poin 4:0.

Tim putra di atas kertas memang diprediksi akan unggul. Pemain papan 1 Indonesia, FM Andrean Susilodinata (2393) yang memang menang kelas dari lawannya Heskiel Ndahangwapo (2011), hanya perlu 23 langkah saja untuk mematikannya.

Olimpiade Catur Budapest 2024 : Tim Putra Libas Namibia, Tim Putri Tundukan Hong Kong

Kapten Tim Putra, Kristianus Liem mengungkapkan bahwa di babak ke 3 , Zacky Dhia Ulhaq (2203) yang berada di papan 3 memperpersembahkan kemenangan yang indah saat mengandaskan Goodwill Khoa (1890).

“Ia mengorbankan dua bidak pada langkah 22 27, tetapi serangan sayap rajanya dahsyat sekali. Mengorbankan Benteng yang ditukar Kuda di petak h7, jika dimakan Raja, Skakmat dalam satu langkah. Jika dimakan dengan Kuda maka Menteri Hitam lenyap. Lawannya berpikir cukup lama, dan akhirnya menyerah,”ujar Kristianus Liem.

Baca Juga:  RSO Tinggalkan Prestasi Balap Sepeda untuk PB ISSI

CM Reynard Kristoper(2114) yang melawan Max Baron Nitzborn (1800) di papan 4, awalnya sempat membuat cemas karena posisinya berimbang sementara waktu pikirnya tersisa 30 detik. Beruntung, Reynard mampu menyelesaikan dengan tiga langkahnya yang berkualitas, sehingga Max menyerah di langkah ke-37.

Sementara pemain papan 2, FM Satria Duta Cahaya (2219) selesai paling akhir karena cukup alot menghadapi lawannya, Bernhard Schwarz (1875). Meski akhirnya juga menang. Namun Duta mampu menutup permainan secara indah pula, dengan mengorbankan gajah pada langkah 41 dan mempromosikan bidaknya menjadi menteri. Cukup satu langkah, lawan pun menyerah.

Di bagian putri, kemenangan diawali pemain papan 2 Indonesia Angel Ruth Nugroho (1939) yang berhasil menghentikan langkah Yuxin Lou (1654), begitu juga dengan pemain papan 3, Evi Yuliana (1912) yang juga berhasil membuat WCM Hoi Ting Leung (1619) tak berkutik .Sedangkan pemain papan 4, Clementia Adeline (1550) harus puas berbagi angka dengan Tian Yi Liu (1607) .

Baca Juga:  Auditor Ernst & Young Datangi PSSI, Erick Thohir Perintahkan Buka Semua Data Keuangan

Satu-satunya poin yang didapat Hong Kong, diperoleh dari WFM Eunice Feng (1974) yang berhasil menghentikan langkah pemain papan 1 Indonesia, WCM Evi Lindiawati (1940).

Menurut Kapten Tim Putri Lisa Lumongdong, kemenangan bisa dipetik karena tim putri terus menunjukkkan semangatnya dalam bertanding. tidak hanya semangat untuk memperoleh kemenangan bagi regunya, Tim Indonesia, mereka juga semangat untuk menorehkan bagi dirinya, seperti perolehan gelar dan penambahan elo rating.

“Sejauh ini mereka selalu main dengan happy dan tanpa beban. Apalagi tim Hongkong semuanya berusia muda, jadi tidak ada yang khawatirkan. Namun di babak 3 ini, Evi Lindiawati terlalu lama berpikir di pembukaan. Sehingga hasilnya diluar ekspektasi,” ujar Lisa.

Di babak ke 4, Tim Putra Indonesia maupun Tim Putri Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang tangguh. Tim Putra akan berhadapan dengan Tim Hungary C, sementara Tim Putri akan melawan iran.

Baca Juga:  One Pride MMA Kirim 5 Petarung Indonesia Terbaik Bertanding di Road To UFC