JAKARTA, Indotimes.co.id – Pembukaan Turnamen Piala 2021 akan dilaksanakan secara sederhana, disesuaikan dengan kondisi pandemi yang terjadi saat ini.

Pembukaan turnamen yang juga ajang pra-musim Kompetisi Liga 1, akan dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo, , Minggu (21/3), menampilkan lagapembuka Grup A, Arema melawan Tira Persikabo, pukul 15.15 WIB. Dilanjutkan laga kedua mempertemukan PSIS Semarang versus Barito Putera, pukul 18.15 WIB.

Ketua umum PSSI Mochamad Iriawan membenarkan jika pelaksanaan pembukaan Piala Menpora 2021 digelar sangat sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Pembukaan Piala Menpora dilaksanakan sederhana, menerapkan prokes ketat. Jadi tidak ada seremonial yang panjang, dipersingkat dan sederhana saja,” ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Menurut mantan Kapolda Jawa Barat dan Kapolda Metro Jaya itu, acara pembukaan ajan dihadiri Menteri Pemuda dan (Menpora) Zainudin Amali, yang sekalugus membuks turnamen ini, para pengurus PSSI, pejabat PT Liga Baru, (LIB), serta Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga:  Susanto Megaranto-Surya Wahyudi Bersaing Ketat Raih Gelar Juara JAPFA FIDE Rated

“Sampai pagi ini masih Pak Menpora yang akan membuka, Prosesi pembukaan dan pertandingan akan disiarkan langsung ,” jelas Iwan Bule.

Bahkan kata Iwan, Menpora telah menyempatkan diri melihat kesiapan PSSI dan panpel, jelang pembukaan.”Pak Menpora tadi ke sini. Venue tidak masalah semua oke. Semua panpel sudah di sana dan tim udah di kota masing-masing,” ujar Iwan, seysia mendampingi Menpora, meninjaunStadion Manahan Solo, Sabtu (20’3) petang.

Masih menurut Iwan, berdadarkan laporan dari semua tempat peryandingan, sejauh ini belum ada masalah.

“Besok kami akan kick off pertama dan ini menjadi awal titik balik Indonesia setelah satu tahun. Saya mohon kepada suporter untuk tetap di rumah dan saya yakin teman teman suporter punya komitmen bersama. Insya allah teman teman suporter masih komit dengan apa yang disampaikan karena ini penilaian sendiri untuk event berikutnya Liga 1,” ucap Iwan menghimbau.

Baca Juga:  INASGOC Ajak Masyarakat Cegah Karhutla Demi Kelancaran Asian Games 2018.

Iwan Bule kembali menegaskan, laga Piala Menpora ini tidak ada penonton. Dalam setiap pertandingan maksimal dihadiri 299 orang dengan prokes sangat ketat. Termasuk di dalamnya kedua tim, ofisial, serta para jurnalis peliput.

Adapun dari total 299 orang dapat hadir dalam arena pertandingan,kuota untuk media hanya 20 jurnalis, yang berada dimedia tribun dan 10 fotografer (termasuk official photografer).

Iwan Bule berharap turnamen Piala Menpora di Solo, dapat berjalan sukses dan sehat semua, tanpa ada permasalahan dan liga atau kompetisi bisa berjalan lagi di tengah .

“Jadi besok sesuai dengan ketentuan yang hadir di pembukaan 299 orang dan di luar itu tidak bisa masuk. Acaranya hanya pidato, penyerahan dari ke saya, lalu baru jalan ke wasit,”pungkasnya.