Sikapi Bentrok Jatidiri, PSSI Gerak Cepat, Bentuk Komite Ad Hoc Suporter

JAKARTA, Indotimes.co.id – PSSI bergerak cepat, menyikapi bentrok suporter dengan aparat keamanan di Stadion Jatidiri , Jumat (17/2).

Ketua Umum (Ketum) PSSI 2023-2027, Erick Thohir tak ingin tragedi Kanjuruhan terulang lagi. Sebab demikian, ia jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI bergerak cepat membuat Komite Ad Hoc untuk suporter.

“Peristiwa Kanjuruhan bisa bukan yang terakhir, bisa ada lagi. Contohnya (bentrok suporter Stadion Jatidiri) kemarin. Tapi tentu yang harus kita investigasi, tidak menyalahkan siapa-siapa baru nanti rule of the gamenya, penegakan hukumnya,” ucap Erick Thohir kepada awak media, seusai memimpin rapat Exco PSSI, di Kantor PSSI Arena, Senayan, , Sabtu (18/2).

Menurut Erick, dalam rapat Exco PSSI tersebut, diputuskan dibentuknya komiteAd Hoc, salah satunya adalah Komite Ad Hoc untuk suporter.

Pembentukan ini merupakan respons dari kerusuhan suporter di laga Semarang vs Persis Solo di Stadion Jatidiri, Semarang pada Jumat 17 Februari 2023 kemarin.

Baca Juga:  Babel Siap Gelar Kejurnas Wushu Piala Presiden 2019

“Nah ini yang sama sama kita bahas, kenapa perlu ada komite Adhoc suporter. Bukan berarti menyalahkan suporter, tapi justru perlindungan untuk suporter ,” lanjutnya.

Adapun tujuan dari pembentukan ini demi memperlancar sepakbola . Harapannya, dengan adanya komite ini, setiap permasalahan suporter bisa diatasi sesuai hukumnya.

Selain itu, Komite Ad Hoc ini sesuai dengan surat FIFA soal pembinaan suporter. Status komite ini adalah sementara, di luar 14 komite yang sesuai statuta FIFA.

Kendati demikian, Erick Thohir meyakini tim ini tak bisa berjalan lancar bila tanpa dukungan suporter itu sendiri. Dia berharap suporter turut serta dalam perbaikan sepakbola Indonesia.

“Surat FIFA yang dikirimkan kepada tentu kita semua waktu itu, salah satunya pun ada bicara suporter. Kita harus memastikan suporter bisa pulang ke rumah dengan selamat,” jelasnya.

Baca Juga:  Ngatino Kembali Pimpin PP KBI, Chandra Bhakti Harap Kick Boxing Ukir Prestasi di SEA Games Vietnam

“Tetapi kita juga mengetuk hati para suporter kalau transformasi sepakbola kita mau bagus mereka pun harus menjadi bagian yang bertanggung jawab untuk perbaikan sepakbola Indonesia,” imbuhnya pula.

Erick menambahkan, dalam rapat Exco kedua tersebut, selain membentuk komite Ad Hoc suporter, juga dibentuk dua komite Ad Hoc lainnya.

Adapun komite Ad Hoc lainnya, yang dibentuk adalah komite
Ad Hoc dan dan komite Ad Hoc Badan Tim Nasional (BTN).