JAKARTA, Indotimes.co.id – Gedung Smesco Indonesia (Rumah Produk Unggulan UKM Indonesia) terpilih menjadi salah satu dari empat destinasi wisata belanja bagi seluruh kontingen Asian Games XVIII/2018.
Demikian dikatakan Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) Emilia Suhaimi kepada wartawan di Jakarta, Jumat (3/8/2018).
Menurutnya selain Smesco Indonesia, tiga destinasi lainnya adalah Grand Indonesia, Senayan City, dan Plaza Senayan. “Terpilihnya Smesco Indonesia dengan pertimbangan sebagai tempat paling khas dan unik yang menyajikan pesona produk unggulan terbaik dan terbaru dari seluruh provinsi di Indonesia”, ujar Emilia.
Emilia menjelaskan, ketentuan sebagai destinasi wisata belanja tertuang dalam MoU (9 Juli 2018) antara Smesco Indonesia dengan PT Character Land selaku perusahaan yang ditunjuk Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) sebagai marketing agency official merchandise Asian Games 2018.
“Selain itu, Smesco Indonesia juga mengandung spirit edukasi mencintai produk lokal. Jadi, kita jelas berbeda dengan tiga destinasi wisata belanja lainnya”, tandas Emilia.
Emilia menambahkan, para atlet dan official peserta Asian Games 2018 akan berkunjung ke Smesco Indonesia pada 27 Agustus 2018 dan 1 September 2018 dengan empat trip kunjungan membawa 400 orang kontingen masing-masing selama tiga jam. “Mereka bisa menyaksikan aneka produk kerajinan berkualitas yang dihasilkan UKM dari seluruh Indonesia”, imbuh Emilia.
Bagi Emilia, pesta olahraga bergengsi tingkat Asia ke-18 itu akan menjadi momentum terbaik untuk mempromosikan produk-produk unggulan tanah air dan merchandise Asian Games kepada tamu-tamu negara asing peserta Asian Games.
“Smesco Indonesia mempersiapkan kunjungan tersebut dengan menyediakan berbagai produk souvenir yang didisplay di space area dan desain visual merchandise Asian Games di lantai dasar dengan nuansa Asian Games untuk menyambut kontingen Asian Games”, jelas Emilia pula.
Produk souvenir unggulan khusus untuk ajang Asian Games, lanjut Emilia, berasal dari 34 provinsi yang mengirimkan lima item produk terbaik masing-masing 100 pcs per item dengan harga bersaing.
Emilia menjelaskan, tamu kontingen Asian Games yang tiba di Smesco Indonesia akan disambut dengan musik Calung Banyumasan dan pemberian stiker khusus agar dapat dibedakan dengan pengunjung lainnya. “Welcome drink-nya bir pletok khas Betawi. Pokoknya, benar-benar menampilkan wajah Indonesia”, kata Emilia.
Soal kuliner, kata Emilia, Smesco Indonesia juga akan menampilkan wisata kuliner masakan khas Indonesia, seperti Soto Aceh, Bebek Ireng Surabaya, Nasi Rames, Gudeg, Nasi Bali, Bakso Malang, Toge Goreng, es cincau, es cendol durian, es doger, dan masih banyak yang lainnya.
“Ada juga atraksi lain seperti Tari Jaipong, Demo Batik, melukis dengan cat acrylic di tas blacu, demo aneka sulam, lukis kaos, dan sebagainya. Bagi yang suka selfie dan berfoto, disediakan juga booth foto khas Smesco Indonesia”, imbuh Emilia.
Selain di Smesco Indonesia, ungkap Emilia, kegiatan sejenis juga dilakukan di Gelora Bung Karno difasilitasi Dinas KUKM DKI Jakarta dengan menyediakan 120 booth untuk dimanfaatkan UKM mitra Smesco Indonesia selama kegiatan Asian Games berlangsung. “Ini peluang bagi UKM karena pesta olahraga yang digelar dari 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018 diikuti sekitar 15 ribu atlet yang berasal dari 45 negara di Asia dari 42 cabang olahraga”, pungkas Emilia.